Wedang Jahe

Beberapa hari ini, aku merasa kurang sehat dikarenakan kurang istirahat dan jam tidur yang biasanya melewati tengah malam (makanya g fit untuk posting blog). hufff…. sampe terserang flu karena kurangnya antibodi dalam tubuh. sampe akhirnya mencoba memperbanyak intensitas istirahat dan banyak minum air putih. Ini cara yang paling ampuh disaat aku terserang flu,biar ni idung g meler teus ingusnya. kalo untuk minum obat, aku termasuk orang yang sedikit anti kalo benar-benar g dibutuhin banget. soalnya aku anti pada bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Nah pagi ini, ketemu teman chat yang kenal juga di blog. setelah cerita dikit mengenai keadaanku yang kurang enak badan karena terserang flu. Kemudian dia ngasih resep untuk mencoba membuat minuman jahe yang direbus dan di campur gula merah agar badan terasa enak. dia memberikan resep cara membuatnya. yaitu : jahe yang diparut kemudian dimasukkan ke dalam air yang direbus dan dicampur dengan gula merah secukupnya. Awalnya sih sempet bingung, aku mau marut jahe pake apa, mana aku g pernah masak juga di kos walo ada dapur kos. tapi ya dicoba dulu dah.

Dengan sedikit memodifikasi resep dikarenakan kondisi teknis,seperti tidak adanya mesin parut buat marut jahe. Maka memodifikasi dengan sedikit praktis. yaitu membeli jahe wangi ginjer sebanyak 2 shacet (kayak sampo aja sachet) di warung dan 1/6 kg gula merah seharga Rp.1600,-. Segera bergegas ke dapur kos menghidupkan kompor kemudian merebus air. tanpa basa basi jahepun di masukkan kemudian disusul segepok gula merah. Eng…ing…eng, kurang dari 5 menit air sudah mendidih, jahe telah menyatu, begitupun gula merah yang telah larut. Inilah hasilnya.

Ehmmmm, memang nikmat. badanpun terasa enak dan hangat. Tenggorokan terasa plong dan lega. Sangat nikmat jika disajikan panas dipagi hari yang masih dingin. mungkin akan terasa lebih nikmat lagi ya kalo ditambahkan madu. Terimakasih kepada teman yang sudah baik memberikan resepnya. heheheh.

5 thoughts on “Wedang Jahe”

  1. weadang jahe.. selain utk flu, meriang, (special utk ce ) jg bagus buat nyegerin badan menjelang dateng bulan, membersihkan dan menyehatkan badan (van, pank, nic dan smua co…ini bukan buat kelian ya)….
    mmm kalo diinget2 9 taun lalu aq gak pernah bersentuhan ma namanya obat2medik… kalo flu ato demam, paling minim juice
    timun+seledri utuk batuk, wortel+labu kuning baik utk menstabilkan gula darah, daun pegagan, tomat utk sariawan dan demam, bawang putih(cuma agak keras bauhnya) kangkung rebus untuk ngilangin demam dll. (pilih salahsatu sesui keluhan)…

  2. @ivan: sakit y bro.. bilang dunk.. biar kita beliin yg enak2…
    @bun rita: thanks ya bunda… smoga kite2 pada sehat selalu..

  3. keliatannya enak tuh..cuma aku sih lebih seneng beli.. hhehe ogah repot banget yaa..
    oya disini bilangnya bandrek.. 😛

  4. How do you feel right now…better kah…??

    cepet sembuh yah Van 🙂

    Cuaca memang sedang tidak bersahabat

    baik2 jaga diri lah kawan hehehe

  5. Tanaman jahe juga bagus untuk suara agar lebih nyaring,Tentunya di minum setiap malam and jangan lupa setiap bangun tidur jangan lupa minum segelas air putih yang di embun-embunkan tanpa bernafas.

Leave a comment