LELAKI HUJAN


Hampir setengah jam lelaki itu berdiri mematung, memandang ke luar, dari balik jendela kaca persegi yang terbingkai dari kayu pinus. Segelas coklat panas yang digenggamnya sudah tinggal setengah isi. Pelan, menyeruput minuman kesukaannya itu dan tetap sibuk melihat ke luar.

Dia terpana oleh hujan. Hujan yang membasahi hutan pinus di sekitar pondok kayunya. Hujan sudah lama tak turun. Kabut yang menyelimuti hutan, singgah lebih lama daripada hari biasanya. Kabut ingin menemani hujan.

Seluruh hutan basah kuyup. Dari pucuk dedaunan pohon sampai tanah yang telah menjadi karpet berwarna orange, tertutup helai demi helai daun kering pinus dan ranting yang berguguran. Sepasang tupai berlarian, melompat ke sana kemari berburu buah pinus kesukaannya, asyik bermain hujan.

Lelaki itu tidak melewatkan satu sudut dari keriuhan hujan. Lalu pandangannya menjadi fokus ke bulir-bulir air yang berulang kali mengetuk-ngetuk kaca jendelanya dengan lembut. Dia tersenyum, memberi senyuman selamat datang pada hujan.

Diletakan gelas minumnya di atas meja kerja yang juga menghadap jendela. Ukuran lebarnya hampir sama dengan ukuran jendela perseginya. Menarik kursi kerja, dia duduk dengan nyaman. Pandangannya tajam beralih ke layar latopnya. Seirama, jari-jarinya menari dengan semangat mengetikkan rangkaian kata dan kalimat. Menjadi komposer tunggal dalam celotehannya. Rinai hujan menjadi playlist musiknya. Setiap bulir air menempati tangga nadanya masing-masing. Hujan menjadi inspirasinya dalam menulis, hujan lebih mewarnai setiap celotehnya.

Hujan adalah berkah dari Tuhan. Dia adalah si lelaki hujan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s