154 Detik

Seperti hari-hari biasanya di musim kering. Tepat tengah hari bolong, sinar matahari begitu terik merongrong. Geliat aktifitas terus berjalan, apalagi lalu lalang kendaraan di jalanan yang punya andil dalam pemanasan global. Aku menghentikan motor di tengah jalan, karena lampu lalu lintas menyala merah 154 detik. Panas serasa menembus ubun di balik helm.

Aku memperhatikan sekitar, mataku memicing sipit karena silau. Di seberang jalan aku melihat ada lapak buku bekas. Ukuran lapaknya sangat kecil, mungkin sekitar 2×1,5 meter. Tumpukan buku-buku hampir memenuhi lapak. Bahkan jualannya hampir memenuhi trotoar jalan. Pemandangan yang umum di kota pelajar, dan pemandangan yang indah buat aku pecinta buku.

Perhatianku tertuju pada seorang bapak setengah baya yang menjaga lapak itu. Tubuhnya tinggi kurus, berkulit coklat lusuh, memakai kemeja usang, bercelana kain bahan panjang. Dia duduk disebuah kursi pendek, menyilangkan kaki bak model yang sedang memamerkan pahanya, sambil bersandar di tumpukan buku yang menggunung.

Dia tengah asik membaca sebuah buku. Dan di sini bagian kerennya kawan. Aku tak tau buku apa yang dibacanya. Yang aku tau, hanya dengan melihat wajah dan gerak tubuhnya, dia sedang terhanyut dalam bacaannya. Dia tidak peduli dengan sekitarnya.

Jarak antara buku dan wajahnya dekat sekali, mungkin karena penglihatannya yang berkurang dimakan usia. Rona dan raut wajahnya berubah-ubah saat mencerna kata demi kata, kalimat demi kalimat. Seketika hidungnya mengembang, tak berapa lama bibirnya mengatup, nafasnya tertahan, lalu terhembus seperti lega.

Itu keren dan epic, saat bisa terbawa dalam cerita walau tidak membaca dan tidak tau buku itu tentang apa. Tapi hanya dengan memperhatikan mimik wajah orang yang membacanya saat dia benar-benar larut dalam bacaannya, seperti…apa ya? Owh, story telling handal tapi wajahnya yang bercerita, dan itu pecah banget di 154 detik lampu merah🙂

Ps : kayaknya bapak itu baca cerita petualangan. Hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s