Memoar Petualangan Terios

Beberapa waktu lalu, saat saya membaca tentang suatu, yang kalau boleh saya bilang adalah  sebuah ekspedisi. Dimana Daihatsu mengadakan event petualangan bertajuk Terios 7 Wonders : Sumatera Coffe Paradise ,yang akan menjelajahi bumi Sumatera. Dimulai dari Lampung sampai titik nol kilometer di Sabang. Adrenalin saya memuncah, sungguh. Jika saya mendengar hal yang berbau petualangan menjadi semacam doping, yang membuat candu. Saya mengira Daihatsu sedang melakukan audisi calon petualang untuk membentuk tim Terios 7 Wonders. Tapi setelah membaca teliti ternyata tim 7 Wonders sudah ada dan siap melakukan penjelajahan.

Berbicara mengenai Terios, hmm…sebenarnya saya sudah sangat mengenal mobil ini. Lewat tulisan di blog ini, akan saya bagi ceritanya buat sahabat pembaca sekalian. And…. show time!!!

Pada tahun 2008, jauh sebelum tim Terios 7 Wonders melakukan penjelajahannya pada tahun 2012 ini, saya sudah melakukan penjelajahan dengan mobil Terios Adventure TX MT milik saya, hehe. Dan saat Daihatsu mengadakan event ini, seperti membangkitkan kembali cerita lama petualangan bersama mobil Terios adventure dan sahabat-sahabat saya. Banyak kesamaan cerita dan pengalaman baik yang saya ataupun tim 7 Wonders dapatkan.

Saat itu bersama teman-teman, saya akan melakukan penjelajahan menuju Pantai Siung di Jogjakarta, tepatnya di daerah Gunung Kidul. Jarak yang ditempuh sejauh 70 km dari kota Jogjakarta. Kesamaan pertama adalah misi. Misi kami sama, yaitu mengenalkan kekayaan alam Indonesia. Lewat tulisan di blog, saya menyebarkan kepada masyarakat Indonesia akan keindahan Pantai Siung. Begitu pula dengan tim Terios 7 Wonders yang membawa misi mengenalkan kekayaan alam Indonesia, khususnya daerah Sumatera yang lebih mengkhususkan  mewartakan  spot-spot penting produsen kopi di Sumatera yang sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Bisa di katakan Sumatera adalah Coffe Paradise atau surganya kopi.

Black adventure, adalah nama mobil Terios saya. Dengan kapasitas 7 seater, sudah sangat lebih dari cukup bersama 5 orang teman dalam melakukan penjelajahan. Tampilan warna hitam yang membuat garang. Label adventure yang disematkan di dada mobil Terios saya, membuat mobil SUV ini tampil gagah dan sporty. Begitu pula dengan tim 7 Wonders yang berjumlah 10 orang dengan 3 mobil Terios.  2 type TX automatic dan 1 type TX manual telah siap melibas alam Sumatera.

        

Sejak awal perjalanan, saya sudah yakin bahwa Daihatsu Terios yang digunakan oleh tim 7 Wonders akan bisa melewati segala rintangan. Baik itu kondisi dan kontur jalan, ataupun kerasnya cuaca dikala panas dan hujan. Saya membuktikannya dalam perjalanan menuju Pantai Siung. Kondisi jalan yang saya tempuh tidaklah mudah. Jalan menanjak dan terjal, berkelok-kelok penuh tikungan, badan jalan yang sempit, namun semua bisa saya lalui. Hal ini pula yang di alami tim  7 Wonders seperti saat menuju kota Pagaralam dari Kota Lahat, Sumatera. Dimana kondisi jalan terjal di sertai kelokan, namun semua tantangan ini dilahap dengan akselerasi shifter yang tetap terjaga. Baik itu Terios tipe matic maupun manual. Apalagi  Daihatsu Terios menggendong teknologi mesin 3SZ-VE DOHC VVT-I 1.495cc. Walaupun mobil penuh dengan penumpang dan barang, semua bisa ditanggulangi.

               

Sebelumnya juga, saat tim 7 Wonders menuju Bukit Tinggi dari Bengkulu. Melewati jalur barat lintas Sumatera, di mana ruas beberapa jalan rusak akibat gempa beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan penyempitan jalan. Belum lagi arus truk-truk besar dari perusahaan kelapa sawit maupun batubara yang kerap berpapasan hingga mengharuskan kehati-hatian yang super ekstra, agar tidak bersenggolan dengan truk ataupun terperosok ke dalam lubang di samping jalan.

Tim 7 Wonders adalah orang-orang terpilih yang ahli menunggangi Daihatsu Terios dengan kehebatan mesinnya yang bandel. Walupun mendapat siksaan dengan kondisi jalan yang ekstrem semua bisa di taklukkan. Dengan antisipasi yang baik, pengecekan kendaraan yang rutin, dan persedian darurat, seperti cadangan galon bensin yang cukup karena minimnya tempat pengisian bahan bakar yang dilalui, membuat tim 7 Wonders sukses melaksanakan misinya.

  

Pengalaman tak terduga pasti akan kita temukan ditempat baru yang kita singgahi, baik itu pengalaman baik ataupun buruk. Namun inti dari sebuah perjalanan adalah, apa tujuan dari perjalanan itu sendiri dan apa yang telah didapatkan dalam perjalanan tersebut.

Bertemu orang-orang baru, menjalin persaudaraan, mempererat hubungan silaturahmi, menghapus jarak antara kaum berada dan kaum papah, tebaran senyum dan kebaikan. Cukup rasanya semua itu jika kita tuangkan dalam secangkir kopi. Dari secangkir kopi penuh keakraban lahirlah ide-ide brilian dan humanis yang di lakukan oleh Daihatsu melalui event Terios 7 Wonders.

Menyinggahi 7 spot Coffe Paradise di Pulau Sumatera sebagai salah satu aset negara yang harus dilestarikan, melakukan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan kepada Posyandu binaan dan kepada UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di wilayah Bengkulu dan Medan, adalah bagian dari tujuan Daihatsu Terios 7 Wonders.

 

Akhirnya dan akhirnya kesamaan antara petualangan saya bersama kawan-kawan dan petualangan tim 7 Wonders berakhir indah bersama Terios. Dipantai Siung, kami melihat keindahan alam Indonesia.  Pantai yang biru dihiasi tiang pancang karang-karang yang menjulang, ombak menderu menerjang menghantam karang menyajikan keindahan yang harus disyukuri. Begitu pula tim Terios 7 Wonders yang menyaksikan keindahan alam Indonesia sampai pada akhir perjalanan di titik nol kilometer di Sabang.

 

 

Perjalanan selama 15 hari, tidak kurang 3.657km jarak yang ditempuh, membuat tim 7 Wonders mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Dan hal ini juga membuktikan bahwa Daihatsu Terios sebagai SUV sejati yang mampu membuktikan performanya dengan beragam medan jalan yang di lalui. Dan Daihatsu Terios, memang pantas menjadi Sahabat Petualang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s