Petualangan Air #Sekolah

Hallo ces (kawan)..namaku Air. Air Muhammad panjangnya. Jika kau ingin tau kenapa orangtuaku menamakanku seperti itu? Nantilah ku bahas. Umurku sekarang 9 tahun, kelas 3 SD. Aku punya sahabat hebat namanya Batara. Bat biasa aku memanggilnya. Jika kau ingin tau kenapa namanya aku sebutkan diawal perkenalanku? Karena Bat adalah partner berpetualangku. Dan dia adalah otak dari segala petualangan kami nanti.

Pagi ini aku melenggang jalan kaki menuju sekolah bak seorang model. Jauh malam sudah aku persiapkan bagaimana tampilanku untuk pagi ini masuk sekolah. O iy, aku SD pada jaman 90an ces. Dan hari itu adalah hari pertama masuk sekolah setelah tahun ajaran baru dimulai.

Sebelum berangkat, cermin hampir membuat aku terlambat karena terlalu lama menyisir rambut. Tahukah kau minyak urang aring ces? Minyak rambut cair berwarna hijau berbau menyengat yang bisa membuat rambut rapi dan hitam mengkilap. Minyak itu aku oles dan usapkan ke rambut sambil bergaya bagai seorang bintang iklan minyak rambut, tapi agak sedikit frontal. Setelah merata ke semua bagian rambut, sisir mengambil bagian dalam pertunjukkan dandan yang selebor itu. Gaya rambut model belah samping ces. Gaya rambut model ini sangat populer. Bisa menaikkan derajatmu jika sisiran belah sampingmu sangat rapi. Yang membuat aku lama saat menyisir rambut adalah saat menata jambul depan. Jambul depan adalah inti dari model belah samping. Semua cara sudah aku lakukan tapi selalu gagal sampai aku menyerah, dan datanglah malaikat penolong. Hanya ibu yang tau model jambul depan kesukaanku.

Rambutku sudah klimis mengkilap dan rapi dengan jambul istimewa. Bukan rambutku saja yang mengkilap, tp jidatku juga ikut mengkilap. Terlalu ekstrem tampaknya saat aku memakai minyak rambut. Baju putih berdasi pendek, celana pendek merah sebatas paha yang sangat mirip hotpan. dan topi merah. Sepatu warrior dengan kaos kaki putih panjang menutupi betis. Ciamik sekali tampilanku ces.

Tak lupa penambah cita rasa penampilanku adalah tas koper kecil berwarna cokelat dengan sticker burung garuda di pojok atasnya. Dan tentunya sticker-sticker super hero yang aku beli dari penjual sticker tempel di depan sekolah.
Hari itu sangat cerah, aku berangkat dengan sobat kentalku Batara. Jarak rumah kami tidak jauh, hanya 5 rumah. Tampilan si bat pun tidak jauh beda denganku, begitupula dengan sebagian besar bocah laki-laki lainnya. Aku kelas 3 A yang merupakan kelas pilihan. Aku tidak sekelas dengan bat, dia tidak masuk kelas pilihan. Dia kelas 3 C. Padahal dari TK kami selalu sekelas. Saat tau aku tidak sekelas dengan bat aku ingin sekali protes dan marah pada sekolah. Kenapa harus ada kelas pilihan? Kenapa ? arghh..

Teman-teman sekelas mulai berbaris rapi sebelum masuk ke ruangan. Wali kelasku Pak Agus mengucapkan selamat datang di kelas 3 A. Dengan rapi kami masuk dan memilih tempat duduk. Tapi saat memilih tempat duduk kami tidak rapi. Seperti monyet kelaparan berebut pisang. Karena satu meja mempunyai dua bangku. Maka semua sibuk mencari pasangan duduknya. Yang membuat gaduh adalah aib hukumnya jika duduk dengan lawan jenis. jika itu terjadi bakal malu setengah mampus dan bisa depresi jadi bulan-bulanan cacian. Syukurlah aku duduk dengan Ical. Walaupun dia sering ingusan, tak mengapa. Yang penting dia bocah laki-laki. Musibah menimpa Iqbal karena dia duduk dengan Isabella. Duduk dengan beda jenis, itu artinya aib ces. Kalau itu bukan aib yang memalukan, aku akan dengan senang hati menyerahkan kursi di sampingku kepada Isabella. karena Isabella adalah primadona sejak TK. Hmmm…undang-undang AIB ini harus diubah menurutku.

Itulah hari pertamaku di kelas 3. Dan petualanganku yang hebat akan dimulai dari sini. Petualangan bocah yang banyak ingin tau akan banyak hal. Petualangan bocah-bocah kampung yang tinggal di dekat danau. O iy, ngomong-ngomong soal danau, aku ingin menyambung ceritaku di atas tentang kenapa orangtuaku memberiku nama Air Muhammad. Muhammad karena orangtuaku muslim, dan sunnah memberi nama anak dengan nama islam. Dan Air, karena aku lahir di daerah yang di kelilingi danau indah nan mempesona. Danau Matano namanya. Dan air mempunyai arti dan filosofi yang menyegarkan. Itulah asal usul namaku ces.

Posted from WordPress for Android

4 thoughts on “Petualangan Air #Sekolah”

  1. Aku kemarin abis baca buku male brain, dan aku jadi tau kenapa anak2 laki2 mulai bersikap seperti itu; menganggap anak perempuan bukan kelompoknya, dan adalah aib jika sampai bermain bersama mereka, lucu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s