Semarang Trip

Hari Minggu kemaren,  aku dan teman-teman Sorowako yang berdomisili di Jogja melakukan kunjungan ke Kota Semarang dalam rangka misi penting menyangkut kemaslahatan umat demi keberlangsungan generasi masa depan *arriirrii..lebuy^^. g dink.. tujuan utama adalah mencoba menjalin ikatan kekeluargaan antara …*hahaha.. ngawur maneh. Piss yang tersungging^^. Ok serius…., ke Semarang dalam rangka Silaturahmi dan mencoba untuk menjelajah Kota Semarang.

Perjalanan kami mulai pukul setengah sepuluh pagi berkendaraan mobil kijang kapsul sewaan berwarna emas yang beranggotakan 7 personil.  waktu yang kami tempuh kurang lebih 3 jam dengan kondisi jalan yang baik namun agak sedikit macet.  Dengan bermodalkan papan petunjuk arah yang bertuliskan “Semarang–>” terpampang di pinggir jalan, kami menggunakan insting ke sok-tauan kami menyusuri jalan dan hasilnya it work kami sampai di Kota Semarang (lesson 1#kadang-kadang sok tau itu berguna juga)

Nah, pas sampe Semarangnya yang buat kami bingung. Tujuan utama pas sampe adalah menuju kediaman teman Sorowako yang ada di Semarang namanya Dian.  Nirma salah seorang personil Jogja yang belum lama ini pernah datang ke kediaman Dian . Dialah yang kami jadikan sebagai kompas dan penunjuk arah. tapi ternyata kompas dan penunjuk arah kami ini rusak *haha..piss Nime. Nirma ternyata juga lupa jalan menuju kos Dian, halah..halah. Mulailah kembali mengandalkan insting sok tau dan bekal petunjuk seadanya. Setelah melewati simpang lima yang merupakan simbol Kota Semarang,kemudian terdampar di tengah kota akhirnya kami menyerahhh… dan nelpon Dian langsung.  (lesson 2# : jangan terlalu sok tau. xixi).

well… sampailah di kos Dian setelah diberi petunjuk langsung. Kami kaget karena seperti ada penyambutan besar-besaran wat keluarga dari Jogja. karena di depan kos Dian berjejer rapi kendaraan-kendaraan baik itu mobil or motor. weitsss…???**hahaha, nya-ta-ter. di depan kos Dian itu RS Karyadi Semarang..ya iyalah banyak kendaraan parkir. Kirain ada penyambutan besar2an. xixixixi.  santai bro..^^

Tanpa basa-basi, karena hari udah siang, dan waktu semakin sempit, agenda jelajah kami lanjutkan dengan tambahan dua orang personil. yaitu Dian dan adiknya Kikie yang “berkorban” sebagai guide. *arriiriii…. maju bleh. ^^. Adapun itinerary dadakan kami di Semarang adalah

  1. Makan siang
  2. Mengunjungi Masjid Agung Semarang.
  3. Sam Poo Kong Tample
  4. Lawang Sewu
  5. Masjid Baiturohman Simpang Lima
  6. Puncak Gombel

ok berikut ini dokumentasinya  08032009176

Masjid Agung Semarang #1

Masjid Agung Semarang Tampak dari Menara

Masjid Agung Semarang #2

Setelah dari Masjid Agung, kira-kira pukul 4 sore perjalanan kami lanjutkan menuju kuil (klenteng) Sam Poo Kong

08032009219

Sam Poo Kong Tample

Pukul 5 sore, perjalanan kami lanjutkan menuju Lawang Sewu yang terkenal angker. sampai di sana sudah hampir maghrib dan cuaca mendung sehingga keadaan bangunan Lawang Sewu sangat gelap dan mengundang kemisteriusan yang bisa membuat bulu kuduk berdiri merinding disko. Di dampingi seorang guide kami menyusuri bangunan yang gelap. si guide menceritakan sejarah tiap spot yang kami singgahi. ada lokasi pembantaian pada jaman Jepang dan Belanda. ada lokasi di suatu ruangan jika kita memiliki indra ke enam maka bisa melihat meja dan kursi di sudut2 ruangan. si guide juga menunjukkan foto2 penampakan pada ponselnya. yang membuatku berdecak heran karena sama sekali aku tidak melihat penampakan yang ada pada poto tersebut. ckckckck

08032009245

Lawang Sewu

Dari Lawang Sewu, karena waktu sudah masuk maghrib, para rombongan menuju Masjid Baiturohman kawasan simpang lima. setelah sholat kami singgah di warung makan Lombok Idjo yang sepertinya sangat terkenal di Kota Semarang ini.  Begitu banyak orang yang memadati rumah makan ini, sampai banyak yang rela antri nunggu peserta lain selesai makan. Padahal jujur..rasa na sih menurutku standart. apa karena kuliner Semarang sangat kurang???..*kalah dunk ma Jogja. Setelah makan, dan keluar dari desakan antrian orang yang ingin makan ^^, kami istirahat sejenak untuk bersih-bersih. para cewe berbenah diri di kost Dian, dan kami para lelaki bersih2 numpang tak ijin,mandi di RS Kariyadi.hehehe *di asyikin aja boz.

Anyway…sebagai acara inti yang kl boleh ku bilang acara kopi darat antara FB-ers Jogja dan FB-ers Semarang ^^. acara kami akhirkan dengan nongkrong lesehan di puncak manikmati kota semarang dengan menyuruput minuman hangat.  suasana makin hangat dengan obrolan-obrolan hangat tentunya. hehehe.

Udah malam, acara harus kami akhirkan..semua personil harus istirahat untuk besok melanjutkan perjalanan pulang ke Jogjakarta.  para cewe ‘ beristirahat di kost Dian dan para lelaki menjadikan mobil sebagai hotel tempat beristirahat *masak mo di kostnya Dian. hehee.., ngambil lokasi parkir RS dan bayar parkir Rp 2rb. ini adalah lokasi tempat nginap paling murah di Kota Semarang. hahahaha, kami menamakannya “Penginapan 2 Ribu”. sekali lagi *di asyikin aja boz..

Tak terasa waktu sudah masuk subuh, mesin mobil kembali ku nyalakan.  Keluar dari lokasi penginapan parkir RS  menuju Masjid untuk numpang mandi dan Sholat Subuh. selesai sholat.. kami menjemput para  ‘hawa’ untuk kembali ke Jogja, dan tentunya mengucapkan salam perpisahan wat Dian dan adiknya. *ada yang sedih keknya..*_* . Sebelum berpisah dan mengucap salam, Mas Arfan selaku ketua panitia trip menerima bingkisan “penting” dari warga Semarang untuk di sampaikan demi kemaslahatan umat *arriirriii.

Alhamdulillah.

Ps :

  • Thanks to Dian dan de’ Kikie yang sudah meluangkan waktunya wat jadi guide dan menjamu warga Jogja.
  • Thanks wat Wiek Tropika dan Iva Tropika para ratu lebuy yang selalu menceriakan suasana dan membuatku tak mengantuk saat nyetir^^.
  • Thanks Wat Arfan, Ardian,Nirma,n de’ Risma dan semua atas perjalanan yang menyenangkan.
  • Tak ada yang sia-sia dalam suatu perjalanan karena kau akan menemukan arti ataupun sesuatu yang baru di sana untuk kau syukuri.

33 thoughts on “Semarang Trip”

  1. Keknya masih kurang 1 van, ke kota lamax blum, hehe. Lain kali kalo ada waktu atw ada guide lain yg lbih brpengalaman, ditodong aj. Soale bbrp kali sy lewat d kota lama, rasanya biasa aj. Mirip bangunan2 tua d jogja jg. Trus masalah kuliner, hehehe..maap karna sprti yg pernah sy blg, nda se tau t4 makan yg OK di smarang. Jarang k’ wisata kuliner ma kink n tman2, hehe…*makan is not our hobby ^,^
    Kunjungan kalian kmaren sangat berguna..karna sy n kiki akhirnya masuk lawang sewu. Selama ini blm pernah ksana, padahal sering bngt dilewat2in…ditambah lagi ‘kunjungan kekeluargaan-nya’ itu yg paling berkesan. Cb se panggil jg d’sista ke smarang di’..serunya pasti itu…hehe..
    *ni komen pa cerita dhèwé y?

  2. Yhan : yup, kurang kota lamax, tp gpp.. yang wajib mo di kunjungi kan Masjid Agungnya ^^. sep dah. kl masalah kuliner..asal kapan2 datang jangan ko bawa kik lagi ke Jalan Kusuma Wardani. hahaha.
    Memang kunjungan keluarga paling berkesan Yhan, kl ada d’sista, mereka di atap mobil dunk duduknya ^_^. trus ada yang di calla’ abis2an tu. hahaha

  3. hehe..itu udah pilihan otak yang buntu.. tadinya kan udah mw ke warung kakap jg. daripada se ajak kalian makan di warteg…xixixi…

  4. sama2 van..tapi ndak gratis ki sama wiwik bicara terus itu sebenarnya..capek mi ki..
    mo ka dl puasa ngomong deh..rusak nanti pita suaraku..arriiiriii

  5. Ck ck ck.. Nuansa ‘ke2luargaan’ yg teramat kental. Mengalahx su2 kental maniz malahan. Manizx suasana bikin hati kebat kebit. Sayangx cm pux wkt sdikit,tp kekx blm dimanfaatx dgn maksimal sm yg bkepentingan.. *spy ada alasan laen u bkunjung kSMG lg gitchu.. Wahahahaha.. Piz evry1.. @ivan : enak aj di atas mbl.. D sista + ehem2 bw mbl laen dunkz.. *waktUx dikerjain.. Huahahahahahaha..

  6. Cerita sebelum perjalanan:🙂
    Sejujurnya saia n mb yhan selaku tuan rumah mengalami banyak perbedaan pndapat buat mnyuguhi para tamu.. Yg pertama dlm hal akomodasi. Tadinya para pria mau dtmpatkn d penginapan estetika (tapi krn ktanya nda nginap ya nda dibooking-kan, hasilnya jaga di parkiran, maap =D)
    Yang kedua dlm hal kuliner, yg kami pilih adalah lombok idjo (krn murah meriah kak ivan, emg g ada yg spesial..xixixi.. katanya minta yg biasa aja jd diajak ke t4 yg standar =D. saia juga br 3x dlm 2 bulan ini ke LI :)). Klo kakap itu usulan beberapa teman sejawat yg mengatakan kakapnya gede, murah bersahaja ^^. Hm..sempat trpikir mau dbwa ke waroeng steak, tp kta mb yhan: “ah, di jogja juga ada kalee..” ya mau gmana lg, ikuti kata yg lebih tua aja =p. Mau di ajak makan di mall simpang 5 tp ntar dkuras sama pajak ^^. Mau diajak ke sini2, takutnya gak sesuai dompet. xixixi..buntutnya ke cumi lampung (lagi)..
    Yg ketiga masalah t4 wisata, brhubung datangx tak sesuai jam perjanjian, jadi bnyk t4 trlewatkan.. Kpn2 jelajahi museum ranggawarsito, bandungan (mancing, bakar2 ikan, outbond), gedung songo =D. Dtggu kunjungan selanjutnya🙂. Komenq panjang ya.. Skali lg maap klo ada yg kurang brkenan. Enjoy d trip😉

  7. @iva n wiek : pergiko priksa k psikiater pren, takutx nda bisa sembuh nnti.. ˙˙ɐʍıɾ ʞılɐqɹǝʇ
    @ivan n yhan : kalian kompak bgt lo, cucok bgt.. ga pengen coba?? *xixixixi
    @Aila_Nyutz : dh maksimal kok bun kunzunganx… heheh

  8. @ Kikie : ^_^,
    > kl masalah penginapan.. emang rencana akan tidur di mobil or di masjid kie..so,no problem.

    > kl masalah kuliner, wah2..udah kebayang deh betapa bingungnya kalian memilah-milih t4 makan yang sesuai agar tamu Jogja puas.. spesial apalagi karena ada yang jago makan dalam tim. arriiriii. yang sa heran orang2 kok rela antri di LI (asumsi yang muncul kuliner di Semarang kurang. xixixi)

    > bout keberangkatan.. rencana sih kirain berangkat jam 6 pagi. tapi ada sedikit kendala pada teknis * kami kehabisan mobil sewaan. Appank lah yang berjuang mati2an, bolak-balik sana sini terguyur hujan lebat nyari mobil agar misi ini berhasil (tsaahhh…lebuy ^^).
    wah, keknya saya lebih interes ma bandungan tuh kie. nuansa alam gitu. catet dah for da next trip Insya Allah. Moga Allah mbales kalian dengan kebaikan yang lebih coz udah memuliakan tamu. tamu spesial lagi. ^_^

    @ pank : cobz apa ni bro? n sorry bro kl perjalanan kemaren ada yang kurang dr sisi… wkakakaka. aririi deh ^^

    @ all : wah2 keknya bisa jadiin forum evaluasi ni di sini. hehehe ^^

  9. ooo ternyata ada perjuangan juga ya menuju semarang…xixixi…

    iya saia juga heran kak, kenapa tuh LI penuh seperti itu, makanya sebelumnya tidak booking tempat…ckckck, lain kali makan di warteg saja🙂

    ok ditunggu kunjungan selanjutnya..hihihi… arrriiirii juga… ^^

  10. wuiihh… kereeen masjidnya… kok mirip masjid nabawi madinah yaa…. emang 6 menara itu bisa kebuka kayak payung, kayak masjid nabawi ya? ckckck… jadi penasaran… nice post…

  11. iya yat…payung kedua setelah di arab… ayuk ke semarang juga! lumayan ancang2 liat mesjid nabawi…amien! tahun 2006 kemarin saia melihatnya dibuka *pas lebaran,,,hehehe…subhanallah…

    lho kok komennya yayat saya yg jawab yak…hihihi

  12. @ Nadiah Alwi : Yup menarik, dan menurut guide kami. hehe, itu belum semua yang ter-explore dari Kota Semarang

    @ Kie : ok mi, warteg saja. yang penting bisa bertatap muka ma nasi.ok

    @ Yayat : sudah di wakilkan mi jawabanku ma kie. ok yat? hehe ^^

  13. Semaranggg….
    Star dari simpang 5….yang paling keinget, selain Ciputra Mall
    Matahari mall, ada parkiran lantai atas gedung. Masalah parkiran di antai atas sih biasa, nyampe keatasnya ini yg gak biasa….huwaaa peyengg kalo gak biasa biz muter lingkaran penuh ampe puncak😀
    Kulinernyaa… cuma bandeng presto ma bakpia yg keinget karna sering jadi buah tangan dari sana
    objekan… objek wisata maksudnya…Selain bandungan dgn segala objek yg ditawarkan (kalo mau ngadem, disana tempatnya sec.Semarang mayan panas), yg keinget wisata religinya yaitu makam wali songo misalnya Sunan Kali Jaga berada di deket Mesjid Agung Demak ( keluar dari semarang tpi gak jauh2 amat) dan seterusnya sampai pantai Kartini.. cuma ini yg keinget…

  14. @ BunRita : wah2, nambah lagi ni referensinya. Orang Semarang kah?? haha. o iya, kl kulinernya kemaren sempet beli lumpia Semarang dengan khas isi rebung. lumayan enak. hehe^^

  15. beh… masak saya ma pank mo sambung keluarga mas? *emang kita apaan. hahaha

    blogwalking ko saja mas k blog tetangga yg gi menghangat *blog sapa ya? ahhing.

    or….. spying ko saja di Fb. huhuhu

    Dan……Jawaaaa-ban-nya Aaaa-da-Lah? ^_^

  16. “dalam rangka misi penting menyangkut kemaslahatan umat demi keberlangsungan generasi masa depan”… Hohoho.. kayaknya I ngarti. mudah2an silaturahminya makin erat. Hehe…

    Btw. semarang sebagus ini yah? jd pengen jln2 ke sana…

  17. Emang Abu Buraidah itu si petualang.
    Antum masih ingatkah dulu qta sama Qrul, Umar pergi tour ke Wonosobo, pake motor lagi, hehe…

    Saran ana kalao tour lagi, jangn ke kuil ya bro…

  18. wah boleh juga tuh “penginapan 2ribu” nya,,, bukan penghematan lagi tuh… tapi apa ya?? udah gitu mandinya gratis juga ya? heheeheeee….

  19. @ Abu Aufa : ok deh akhi Firman.
    @ Seni : yup keren.. *sambil mikir gimana ngepel masjid yang gede itu. hehe
    @ Azee : hmm… menggembel mungkin istilah kerennya. hehe. Masjid adalah t4 paling aman wat mandi gratis. “bayar 1rb sih kl mandinya maghrib or Isya (infaq), tapi kl subuh ; Free (yg jaga molor). ^_^

    1. emang blm pernah kesana.kpn2 cba dech main.wah sungguh nian indah bangunanny

      yup, bangunan yang indah dan megah… moga masjidnya rame dan penuh. hehe

  20. Poko’e lhep tenan, karena aku khan orang semarang asli, tulen, tapi di Semarang buanyak kampung yang banjir, termasuk kampungku, dekat Pelabuhan Tanjung Emas, tepatnya di Pengapon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s