Bintang Berjalan

bintang-berjalanSelepas pulang dari masjid subuh tadi, ku berjalan menyusuri gang menuju pulang. Saat berjalan ku sempatkan ‘menengadahkan’ pandanganku ke langit. Langit pagi ini begitu bersih dengan jutaan bintang menghiasi langit, bagaikan lukisan abstrak penuh arti, yang hanya bisa di pahami oleh orang-orang yang memiliki kecerdasan akan seni seperti seniman Leonardo Davinci ataupun Pablo Picasso.

Sambil asik memandang,menikmati keindahan ciptaan-Nya, tiba-tiba….. Subhanallah. Aku melihat satu bintang diantara jutaan bintang yang membuatku takjub. Aku melihat sebuah bintang kecil berjalan. Yah…berjalan, dengan kerlap-kerlipnya seperti berkerling mata kepadaku, bintang itu berjalan dari arah selatan ke arah utara. Kecepatannya hampir sama jika kita melihat pesawat yang terbang di angkasa. ku ‘kucek-kucek’ mataku untuk memastikan kalau itu benar bintang berjalan,  sekali lagi ku ‘kucek’ mataku dengan cepat agar aku tak kehilangan bintang itu. Dan ternyata memang benar itu adalah bintang yang berjalan. Subhanallah… pandanganku mengikuti bintang itu berjalan kurang lebih selama 3 menit sampai ‘dia’ menghilang di utara langit terhalangi atap-atap rumah.

Masuk rumah dengan perasaan masih takjub. langsung minta bantuan ‘om google’ dengan keyword ‘Bintang Berjalan’. Dan ternyata, memang sudah banyak orang yang pernah melihatnya dan juga ada penjelasan ilmiahnya. Kl melihat bintang jatuh sih udah pernah dan beberapa kali, tapi kalau bintang berjalan.. ini pertama kalinya dalam hidupku.

La hawla wala quwwata illaa billah

48 thoughts on “Bintang Berjalan”

  1. @ Kikie : kl pesawat kan lampunya g hanya satu yang nyala de’. lagipula… gerakan bintang berjalannya seprti sembunyi-sembunyi de’, kadang melambat, kadang cepet, malah sempet berhenti bentar. *masih takjub ni mpe sekarang. Wallahu a’lam

  2. …kecerdasan seni….. dan di fahami oleh sastrawan yang diwujudkan dalam untaian kalimat. Nah kalo yg ini, empunya blog masuk itungan… cieeee…:D
    Aku juga udah beberapakali memergokinya (bintang ber-“manuver”) saat berada di teras luar mas…. so… Subhaanallahh😀

  3. @ kiki : sip akan ku gapai mimpi dan ku ambil bintang itu untuk kumasukkan ke dalam saku ^_^
    @ Ovide : Kasmaran kali vied. hihi
    @ Bun Rita :wew, melihat bintang melesat yang dikenal dengan bintang jatuh, kl ini bintang ber-manuver.. hehe. Asyik banget tu bun mbil duduk2 di teras rumah Salonsa. ^_^

  4. berarti bintang jatuh ama bintang berjalan bedanya pada kecepatannya ya….
    kalo bintang jatuh jaraknya lebih dekat ke bumi, jadinya kecepatannya lebih dibanding bintang berjalan yang jaraknya lebih jauh, jadinya keliatan lebih lambat…. hehe… (asal ngomong aja)
    (mode sok Einstein ON)

  5. waahhh subhanallah bisa berkesempatan liat bintang berjalan….
    kirain teh awalnya bintang jatuh ternyata beda thoo… gak bisa make a wish donk,,hohoho

  6. hahahaa… karna jalannya lama yaa…
    hmm,, kalo gitu mendingan liat bintang berjalan daripada bintang jatuh..

  7. saya juga pernah lihat bintang berjalan disampng bulan bercahaya, berjalan dari utara ke selatan malahan ada 2 bintang kecepatannya kayak pesawat gitu lo\\\ masyaallah, bintang sekaliber matahari

  8. Ya Allah…
    ternyata bukan aku saja yach yang sering melihat.
    Pertama melihat dulu aku masih SD,heran dan takjub.hampir setiap hari aku melihatnya di depan masjid.lama kelamaan aku jadi suka,hehehe…
    Dimana pun jika setiap aku berpikir pengen melihat bintang berjalan, pasti entar akan ada bener,tambah heran aku,hehehe…
    Tapi sekarang kok udah nggak ya…
    Apakah sekarang aku udah jarang ke Masjid ya…

  9. “Bintang Berjalan”…
    sewaktu aq smp, aq sering melihat bintang tersebut, hampir setiap hari di waktu senja..
    Satu hal yang menakjubkan..aq pernah melihat 3 (tiga) bintang berjalan sekaligus.
    apakah itu???
    yang jelas sampai saat ini pun bintang tersebut tetap berjalan, dan terkadang aq masih melihatnya….

    wew… spechless

  10. saya jga pernah lihat..
    saya tinggal di bali,pada saat menunggu detik2 tahun baru 2010, saya yang saat itu sedang menginap di hotel di bedugul juga melihat hal yang sama,bintang itu benar2 berjalan,saya tidak mengalihkan pemandangan saya itu dan akhirnya bintang itu menghilang di balik bukit..
    sungguh menakjubkan!!

  11. Sama pengalamanya dengan saya, Subhanallah saya juga takjub ketika saya baru turun dari masjid melaksanakan sholat subuh, tiba-tiba aku melihat diangkasa ada binyaang yang berjalan dari arah utara menuju ke selatan, pagi itu langit sangat cerah, sehingga aku bisa melihat dengan leluasa beberapa menit hingga bintang tersebut samar-samar keterbatasan mata memandang. Allah maha kuasa aatas sesuatu yang ada dilangit dan di bumi.

    1. sama banget. aku liatnya juga pas habis pulang sholat subuh.

      aku lihat ke angkasa. waktu itu langit terlihat jelas dan sedikit berawan. saya diam sejenak memandang langit. eeee tiba tiba ada bintang yang gerak (tapi gak kelip kelip, kalau kelip kelip kab itu artinya pesawat). bintang itu berjalan ke arah selatan. dan tiba tiba bintang yang didekatnya itu juga berjalan ke arah utara menjauh dan berhenti di suatu titik. sedangkan bintang berjalan yang awal bergerak terus sampai ketutup awan.

      3xan deh kalo gak salah lihat begitu. pernah pas pulang bareng sama temen. gue cerita hal aneh ini. eee pas lihat langit ada bintang berjalan gitu, temanku juga heran, itu pesawat apa bukan ya, gak kelip kelip, berjalan tapi pelan.

  12. saya dah lama menyaksikan benda seperti bintang berjalan yang kalau dihitung kadang2 sampali lebih 10, dan penampakannya setahu saya selepas magrib dan menjelang dan sesudah subuh, kalau agak maleman dikit dah g’ keliatan, pernah aq ngeliat dengan istri dan anakku kemarin tgl 27 sep 2010 selepas magrib ada yang aneh, bintang berjalan dari utara agak pelan, tiba2 cahanya menjadi terang sekian detik terus bintang itu semakin cepat keatas soalnya dalam pergerakanya semakin mengecil dan terus menghilang g sampai keselatan. aq berfikir benda apakah itu, kalaupun pesawat terbang tentu ada suara dan tempat tinggal saya bukan jalur lintas pesawat. ada yang lain bisa menerangkannya ? terus terang aq dah mengamatinya sejak lama sekali, sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan secara pasti.

  13. subhanallah saya dan anakku juga kemarin rabu melihat bintang berjalan setelah subuh….tgl 9
    Mei 2012……..

  14. Aku juga liat broo…heranya cuman pas waktu shubuh doank…
    Gue buktiin sengaja bgadang ampe jam 3 trus keluar rumah ngeliat kelangt tp nggak ada …tp pas waktu shubuh baru ada…

    Tu bintang pa kendaraan jin yah…?

  15. aku juga sering melihat nya,bahkan saat aku tanya ma guru fisika dia bilang itu pesawat.
    aku masih tidak percaya itu pesawat soal nya aku pernah melihatnya bergerak dua buah saling tegak lurus dalam waktu yg bersamaan.
    aku ounya banyak pengalaman mengenai bintang yg terlihat berjalan ini.
    untuk lebih lanjut teman2 boleh add email ku saryono_e@yahoo.co.id atau hub.085222511817.
    thank atas infonya,,

  16. Kebiasaan melihat bintang berjalan sejak thn 1975 ,usia sy baru 5th,,Bpk sya yg menunjukannya,dan itu menjadi kebiasaan sy smpai dewasa (karena kesibukan sekarang tidak lagi ), tidak menjadi keanehan bagi sy karena sudah di jelaskan sama ayah waktu itu katanya “sputnik Uni soviet ” penjelasan yg sngat sederhana tapi menjadi keyakinan…dan sekarang baru sy berpikir apakah itu benar sputnik soviet ???

  17. semalem bada isya saya juga melihat bintang pindah/alihan saling bersilangan satu ke arah utara satunya ke arah timur. Sebenarnya hal itu sering aku lihat dan sampai saat ini belum menemukan informasi mengenai hal itu dan hanya bisa berucap Subhanalloh ….

  18. hari ini aq koment senin mlm jam 19.15 tgl 23 july 2012. tadi barusan aja aq liat bintang berjalan tepat 10 menit lalu, dari langit selatan ke arah langit utara, dengan kecepatan sangat stabil.

  19. saya tinggal di bali. sekarang umur 48th. sejak kecil saya sering ditunjukin bintang berjalan oleh ayah saya. menurut beliau, beliau juga sejak kecil sudah terbiasa melihat bintang berjalan. sejak kecil mungkin sudah ratusan kali saya melihat bintang berjalan. pernah sekali waktu saya melihat dua bintang berjalan sekaligus. mereka begerak bersebelahan dengan zig-zag halus. itu rata2 sinarnya seperti bintang kebanyakan. tapi saya pernah 2 kali lihat bintang berjalan dengan sinar yg sangat terang, lebih terang dari bintang pagi.dan bergerak sangat cepat, lebih cepat dari pesawat terbang dan tanpa suara. yang pertama beberapa tahun silam kira2 jam 7 malam saya lihat bergerak dari arah barat ke timur. yang kedua tanggal 3 agustus 2012 kemarin kira2 jam 7.30 malam saya lihat dari arah barat daya bergerak cepat kearah timur laut. saya sangat penasaran dan ingin tahu benda apa sebenarnya itu. lama2 saya semakin yakin kalau kita tidak hidup sendiri di jagat raya ini. kalau teman2 ada yg punya jawaban yg meyakinkan tolong di share. thanks

  20. Hari ini, dari sekitar jam 1an aku memang sengaja mengamati langit, dan Subhanallah indah sekali, banyak bintang dan sekelebat cahaya-cahaya tapi aku tidak melihat tepat dipusat cahayanya, karena aku membelakanginya. Hanya pantulan-pantulannya saja sebanyak dua kali.
    Di arah barat juga terlihat bias sinar terang seperti bias sinar matahari jadi di sana lebih terang dan di timur sangat gelap.
    Lalu sekitar jam dua, agak mendung sehingga bintang tinggal empat membentuk jajaran genjang, lalu menghilang tertutup awan.
    Dalam hati berkata: Ah.. bintang udah habis, lalu aku coba tengok tepat ke arah atas, ternyata masih ada dua bintang, setelah aku amati.. Ternyata yang satu berjalan ke arah selatan.
    Hmmm.. Bintang berjalan. Aku melihatnya terus menerus sampai ia menghilang.🙂

  21. aku sering menyaksikan hal ini memang saat subuh bintang2 banyak yang berjalan dengan kecepatan statis subuh tadi pun 19/3/13 ada 5 bintang yang berjalan.

  22. …tetapi yang paling mengesankan adalah saya dan keponakan menyaksikan adanya entah bintang atau meteor yang meledak saat banyaknya bintang2 tapi tidak sampai terdengar ledakannya kejadiannya saat subuh di bulan puasa 2004.

  23. Alhamdulillah, Subahanallah…setiap bangun malam dan selesai shalat tahajud, saya suka memandang langit yang penuh dengan bintang-bintang… saat itulah ada berapa bintang yang berjalan,… MasyaAllah… ini hampir setiap malam bila tidak langit menjadi mendung!! dan terlihat bintang!!

  24. bintang berjaln dimalam hari sering aku lihat waktu kecil di kampung , klo orang kampung ku bialng nya satelit…dan kayaknya benar karena ada +/- 35000 satelit dilangit..dan yg paling besar sinarnya iss.

    wallahu a’lam

  25. Kalau ada yang berpendapat itu adalah satelit atau benda buatan manusia, itu sangat mustahil. Memang bagi orang yang belum pernah melihat bintang berjalan seolah-olah itu hanya ilusi belaka dari orang yang melihatnya. Tapi bagi saya pribadi, yang pernah menyaksikan langsung kejadian/fenomena alam (bintang berjalan), yakin itu bukan ilusi, itu kenyataan yang sampai saat ini belum saya dapatkan jawabannya, namun, saya yakin itu kehendak Allah swt. yang menunjukkan kebesaranNya. agar kita berfikir dan bertambah keimanan kita kepada Ilahi Robbi.

  26. saya juga lihat. sambil kucek kucek mata. awalnya cuma satu yang gerak ke selatan. kemudian ada 1 lagi didekatnya berjalan ke utara dan berhenti di satu titik. benda langit yang pertama tadi berjalan terus sampai ke tutup awan.

  27. kalau saya telah mengamati bintang yang berjalan seperti itu sejak dahulu lama sekali kita bisa melihatnya selepas magrib atau menjelang subuh itu waktu yang paling tepat untuk melihatnya karena saat itu paling banyak bisa kita lihat bendanya dia berjalan dari utara ke selatan atau dari selatan ke utara berjalan berbelok kanan dan kadang kekiri kadang berhenti.

  28. 15 menit yg lalu. Abis salat subuh Barusan saya lihat bintang kerlap kerlip terang banget. Tanpa suara. Jalannya pelan tersendat sendat gituh. Lama lama menghilang. Subhanallah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s