Jelajah Pantai Siung Jogja

Hari sabtu kemaren tepatnya tanggal 20 Desember, saya kembali melakukan traveling untuk menjelajah bumi Allah yang indah ini. Tujuan penjelajahan kali ini adalah mencoba mengexplore keindahan pantai-pantai yang ada di Kota Jogjakarta. Secara saya juga sangat senang dengan yang namanya pantai. Setelah sebelumnya searching di internet tentang pantai-pantai indah Jogja, akhirnya menemukan satu informasi di situs yogyes.com . Di situs tersebut ternyata memuat segala sesuatu yang berhubungan dengan Kota Jogjakarta. nah nge-klik bilik pantai, wuih.. ternyata Jogjakarta tidak hanya memiliki satu pantai yang terkenal dengan nama Pantai Parangtritis (Paris), tetapi ternyata banyak pantai lainnya. dan salah satunya yang membuat saya kepincut adalah sebuah pantai dengan pasir putihnya dan bebatuan karang besar yang menjulang. Pantai ini di sebut dengan nama Pantai Siung.

img_1850 img_1852 img_1754

Siung Beach

Setelah akhirnya sepakat dengan rombongan team (Sorowako geng), yaitu sepakat mengunjungi pantai ini, sepakat dengan tarif  patungan (curung-curung), sepakat dengan itinerary dan segala macam. tanpa basi basa kita lets go dengan tunggangan baru saya Daihatsu Terios Adventure. Pantai siung terletak 70 km dari pusat kota Jogja, lebih tepatnya di Wonosari-Jogjakarta. Dan berdasarkan informasi, waktu tempuh menuju pantai ini adalah sekitar 2 jam,  tapi ternyata informasi itu tidak valid alias bohong karena waktu tempuh kami  sekitar 2 jam lebih buaanyak (hampir 3 jam). Ya, ini dikarenakan kami pake acara tersesat sana sini segala plus acara spekulasi yaitu bertanya pada urang-urang. (hehehe). Perjalanan menuju pantai ini memang penuh dengan tantangan karena jalur/jalan yang di lalui penuh dengan tanjakan, turunan, jalan yang berkelok-kelok, dan badan jalan yang tidak begitu lebar. namun untungnya jalannya sudah teraspal. Dan tidak percuma mobil Terios saya punya embel-embel adventure, jadi pas dan satu jiwa yaitu jiwa adventure.

Menuju Pantai Siung kita akan melewati beberapa pantai indah lainnya. di antaranya pantai Baron, Krakal, Sundak, dan Drini. Saat akan memasuki wilayah rentetan beberapa pantai kita di hadapkan pada dua gate. pada gate yang pertama mengharuskan para pengunjung untuk membayar jika ingin memasuki wilayah pantai. Kami membayar 12 ribu utuk lima orang, jadi seorangnya sekitar….(bagi sendiri dah).  Dan saat sampai di gate kedua pantai siung kami harus membayar lagi sebesar 7500 untuk lima orang, jadi seorangnya sekitar (bagi sendiri lagi dah). Untuk sampai ke pantai jarak dari gate kedua menuju pantai siung masih harus di tempuh sejauh 3 km lagi.

Sesampainya di sana,suguhan keindahan pantai telah menyambut mata-mata kami untuk menikmati keindahan, kemolekan, dan kecantikan pantai siung. Seperti rencana yang telah di buat, sambil menikmati pantai kami akan melakukan tracking dan hiking naik turun karang yang menjulang megah di tiap sisi pantai. sembari berjalan membuat jalur setapak, beberapa kali harus berhenti karena ada gerakan-gerakan tak terkoordinasi yang spontan muncul. Adalah ia pose-pose ala beach boys yang diminta untuk di abadikan (take a unforgotten narsis moment)

img_1751 img_1752 img_1762 img_1765 img_1771

Beach Boys (Acci, Ivan, Ardian, Irro, Wanto)

Setelah narsis pose, kami menuju track tebing karang. Betapa kokoh dan megah karang-karang yang ada. Dan di Pantai Siung ini ternyata telah ada jalur tracking climb wat para climber. menaiki dan menyusuri daerah sekitar tebing dan karang, dengan lantai-lantai karang yang sedikit berkerikil sehingga terasa tajam. Pemandangan yang luar biasa,  satu sudut pandang lain dari pantai siung ini adalah deburan dan hempasan ombak yang menghantam kemegahan batu-batu karang. Silih berganti dari lapisan ombak yang bertingkat-tingkat menghujam kejam ke batu-batu karang yang tak akan pernah bergeser. Subhanallah,awesome

img_1836 img_18291 img_1823

Hempasan Debur Ombak Pantai Siung

Tak terasa ternyata matahari sudah tepat di atas kepala. hari semakin terik.. kami harus kembali untuk beristirahat, sholat, dan makan. Kembali kami melewati jalur tracking yang dilalui sebelumnya. Bersimbah keringat dan bermandikan cahaya siang ‘bolong’ membuat kerongkongan kering kehausan, langkah demi langkah tak terhitung menghadiahkan pemandangan yang indah sepanjang pantai. Setelah sampai, kami beristirahat di sebuah warung makan yang ada di pantai tersebut. yang pasti, target utama adalah minuman dingin khas Jogja , es teh manis seharga 1000 perak. Brrrr….rasanya lebih lezat dari coca cola. huitss, setelah dahaga terpenuhi semua memesan makan siang dengan satu menu masakan yaitu nasi telur dadar yang dimix bersama sambal bawang yang mak-nyoss. harganya 3000 perak. After lunch, kewajiban sudah menunggu, kita harus “laporan” ma Sang Khalik.

Well, bada zuhur setelah stamina kembali kami mengambil waktu untuk bersantai di sebuah bilik kayu beratapkan bambu sederhana yang menghadap langsung ke pantai. kl saya bilang sih itu sebuah gazebo yang indah. Duduk santai sambil bercengkrama dan terhanyut menikmati lantunan melodi-melodi indah dari tiap sapuan mesra ombak yang tertiup angin kemudian menyentuh lembut bibir-bibir pantai. oh, benar-benar aransement yang sempurna dari Sang Maha Komposer Pencipta Segala.

img_1872 img_1867 img_1869

Terbuai Syukur

Serasa tak ingin berlalu, namun waktu tak bisa lagi berkompromi. kami harus pulang dan semua rasa telah tumpah tercurah. Dalam perjalanan pulang tiba-tiba saja langit mendung dan tak lama kemudian hujan turun dengan lebatnya. Mobil menembus jalan, terselimuti hujan lebat. apakah Pantai Siung bersedih dengan kepulangan kami? sehingga dia menyampaikan kesedihannya pada langit untuk meluapkan tangisannya ke bumi. hahaha….halah! mana ada itu, tapi seandainya itu benar ya, pasti tangisan itu adalah tangisan kebahagian atas perjumpaan indah. so, just wait for da next adventure of coast to coast! Alhamdulillah

click here to see some Jelajah Pantai Siung pictures

25 thoughts on “Jelajah Pantai Siung Jogja”

  1. wuiiii… liat oggokan batu2 itu jadi inget kampung belitong…
    Birunya laut, pantai, pasir putih is komponen yang “simbiosis mutualisme yaa….Yg pasti kalo pasirnya item yaa berbalik jadi sereem hehe….Pantainya bersih lagi..Asyik kesini dari pada wara-wiri di mall…aw dri gate ke bibr pantaeinya mayan jauhh yaa??…
    hihi…iyaa pasti tangis bahagia….Thax ‘tas info ala BP-nya….Salam ma Sorowako’s geng

    iya, mirip belitong (padahal blon pernah ke sono). berarti kita laskar pelangi dunk. laskar pelangi yang punya mimpi. hehe. Kl ke mall mah malah bikin mumet bun.
    Sip, emang sengaja menyisipkan Info wat BP. hihi, Ok ntar tak salamin ma Laskar Sorowako.

  2. Pantai siung gak prnah denger, yg santer disebut2 sih Parangtritis. Tapi… ini gak kalah indah ya kayaknya…..

    iya, ternyata di Jogja kita bisa milih pantai layaknya milih menu masakan. tergantung selera. hehe

  3. kok kayak di pantai kuta *halah belum pernah ke bali ini*,,hehehe
    kayake bagus bgt!!! mau dunk diajak ke sana,,hoho

    ini mirip pantai di Hawaii de’ (halah, lebih2 ini blon penah ke sono jugaa.hwhw). katanya besok(basoknya arung jiwa) mo taon baruan angkatan di Jogja? bis itu ke sana aja bareng temen2mu! sayang diriku pulang ke Medan, kl g ku ajak kalian ke pantai yang mirip kuta or pantai di Hawaii ini. huekkekeke

  4. Van…..Selamat tahun Baru ya….wish you all the best! Sudah pulang dari Medan kan? Gimana ceritanya? Waktu aku ke Medan, aku heran kok orang2 dijalan ngga peduli lampu merah….diterjang saja, kata supir becak motor yang kunaikin orang Medan itu pada buta warna semua….ha…..ha….Oh ya kalo ke Lombok jangan lupa mampir ke Pantai Kuta yang disana, pasirnya unik….butirannya gede2 kayak merica dan jangan lupa makan sate Rembige

  5. wah… seru jugaa…
    knapa kemaren g dibawa kesono aja kita???

    yg histor sadari adalah :
    1. pantai dijogja lumayan banyak yaa.. n Ok juga buat di kunjungin kapan2…
    2. man… its so cheap… knapa semua hal dijogja murah2… pindah ah… pindah aja deh ke jogja…

    kemaren mah kagak nyampe waktunya kl mo ke sana. jauhhh….
    1. owh jelas dunk pantai Jogja berjejer sepanjang selatan.
    2. pindah aja k Jogja trus kuliah di nangor. PP gitu. hehehe

  6. salam kenal mas
    wah tampaknya gw musti berkunjung ke jogjez segera nih. udah lama sih ngakk kesono

    yogya memang tiada……..
    thanks

    Yuppy, salam kenal kembali Mas or Mba * potonya cewe tapi ke siteny eh cowok. bisa berubah ya. hahahaha
    pokoke kl datang Jogja g nyesel deh… bisa jadi tempat untuk refreshing

  7. yang dikatakan smua orang klo siung tu memang pantai yang indah.apalagi tebingnya yang cukup menarik tuk dipanjati.sesaat yang lalu kami dari MAHADIPA Makassar berkunjung ke siung tuk melakukan emanjatan dan ternyata benar.disana sangat asyik.
    tanks nah (caccy_MAHADIPA)

    1. wah… kl alamat sulit ngejelasinnya. soalnya nya kan pantainya g daftar di RT/RW setempat. hahaha. tp gambaran menuju tempannya kan udah ku tulis. trus pake kompas bacot *nanya2 orang. hehehe. pasti nyampe.

  8. wuaaaaa……
    kerennn banget pantainya,
    temen2 pada mau nginep di situ, tapi kaya’e aku engga ikut
    huhuhu.sayang.padahal bagus banget*kok malah curhat??*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s