Backpacker

logobackpackerSore tadi, g sengaja nonton suatu acara di TV One yang judulnya Backpacker. wew, surprise banget, karena terus terang acara ini seperti mewakili jiwaku. jiwa seorang yang senang berpetualang mengunjungi tempat-tempat menarik ataupun wilayah eksotis yang terlestarikan maupun yang belum terjamah. Jiwa seorang yang senang kebebasan untuk bisa berteman dengan alam sebagai salah satu pencarian jati dirinya ataupun proses menuju kedewasaan dalam menghadapi hidup.

Sebenarnya apa sih Backpacker itu? kl menurut pemahaman saya sih, backpacker itu orang yang melakukan suatu perjalanan baik solo maupun perkelompok kecil menuju ke suatu tempat dibelahan ataupun sudut-sudut indah bumi Allah ini, mereka berkarakteristik membawa backpack (tas punggung) dan dalam pegembaraannya berusaha meminimalkan cost pengeluaran sekecil mungkin (baca:hemat). untuk lebih jelasnya bisa di lihat di situs Indobackpacker.

Acara yang saya tonton sore tadi makin mengobarkan semangat saya untuk berpetualang ala backpacker. Saya senang berpetualang karena saya besar di suatu wilayah yang indah dengan alamnya. dengan danaunya yang indah yang memberikan penghidupan bagi makhluk hidup yang ada, dengan jejeran megah pegunungan yang ditumbuhi pohon-pohon rindang berdaun lebat nan hijau yang jika di lihat dari kejauhan berwarna biru. Nama kota indah itu adalah Sorowako.

300-backpacker1Pernah saat SMP, saya menaiki sebuah gunung bersama seorang teman. gunung itu sama sekali bukan gunung umum untuk hiking. Bermodalkan parang tumpul buatan ayahku yang sudah berkarat karena sudah tak dipakai lagi yang ku curi dari gudang, dua bungkus indomie dan air mineral yang di masukkan di dalam backpack serta sebuah radio FM mirip walkman yang antenanya hampir patah dan untuk menahan kedua batrenya harus menggunakan lakban hitam. Menuju ke puncak kami terlebih dahulu harus mengendap masuk ke bandara dan melintasi lajur pesawat. sambil menunduk berlari dan tetap awas melihat satpam penjaga bandara.

Setelah lolos, saya harus melewati lumpur-lumpur merah yang mengandung nikel, sehingga seringkali alas kaki kami yang berupa sandal jepit merk Swallow tertancap dalam ke dalam lumpur. kadang sendal itu putus karena sandal usang dengan lobang karetnya yang sudah longgar, dan kami pasang kembali ke dalam lobang longgar itu.

Menaiki gunung yang agak gundul harus melewati semak-semak belukar berupa tanaman mirip tebu atau bambu yang tingginya melebihi tinggi kami, dan harus tetap waspada agar tidak terlihat orang dari bawah gunung. karena jika ketahuan bakal runyam urusannya, karena gunung yang kami naiki merupakan kawasan perusahaan tambang yang ada di kotaku. melewati semak, dan bersanding jejak dengan tapak-tapak babi hutan yang masih basah dan kelihatan baru. selalu waspada dengan parang ditangan menjaga kalo bertemu dengan babi liar.

Sampai dipuncak, kami duduk dibatu batu besar berwarna kuning kecoklatan, warna khas daerahku karena kandungan nikelnya. kepuasan yang amat sangat dalam jiwa petualang kami. sambil mendengarkan FM dengan radio usang, makan indomie kering dengan campuran bumbu yang mencapai klimaks kenikmatan ketika mie kering itu hampir habis karena bumbu petsin yang berkumpul di dasar bungkus. dan tentunya sambil menikmati keindahan kota Sorowakoku dengan hamparan danaunya yang luas.

Setelah puas di tengah terik kami akan pulang, namun sebelum pulang kami telah menancapkan sebuah bendera berwarna kuning yang merupakan robekan bagian dalam tasku. dan gunung itu kami namakan Gunung Abat (A= Achal, nama temanku dan Bat= Batara, namaku). Bendera itu bisa kami lihat dari bawah gunung disekitar pertamina Sorwako. sampai satu tahun berlalu kami masih melihat bendera itu, selang kami lupa karena waktu bendera itu tak tampak lagi. apa sudah roboh karena hujan dan tertiup angin kencang. ntahlah….. dan sayapun tak tau kapan saya akan naik ke gunung itu lagi.

Itulah pengalaman pertamaku sebagai bakcpacker, walopun ketika itu saya tidak tau apa backpacker itu. hehe… Dan saat ini, dan setelah ini, saya berencana untuk mengelilingi Indonesia Rayaku ini. ketempat-tempat terindah terutama tempat-tempat yang memiliki pantai indah dan tentunya sebagai Backpacker. Tapi sebelum itu saya ingin melepas rindu dulu dengan kota Sorowako ku. bermain di danau, duduk didermaga pada waktu sore. kemping ke matano, memetik mangga dan rambutan di Nuha. wuih…dan banyak lagi.

Kita nantikan saja…..

36 thoughts on “Backpacker”

  1. Hihiihi ko’ bisa ya lo gak ketangkep satpam….:D
    Critanya asyiiik,tulisannya enak dibaca.. Jadi pnasaran, blamana ya yang pernah di tancepin bendera ABAT??

    sebelah timur Airpot, bisa di lihat dari pertamina dengan petunjuk sebuah tiang listrik di atas gunung. coba liat deh. itulah gunung Abat. hehe

  2. Pengalaman yang menyenagkan berdua dengan sahabat tercinta…
    Kalo mau, boleh coba alam kalimantan timur yaang elok dan indah, dengan berbagai pesona alam pinggir pantai berdampingan dengan pemandangan hutan hujan tropis yang begitu indah, tak jua ketinggalan pesona kota modern pinggir pantai dengan tebaran lampu temaram disaat malam, bertebaran bak hamparan bintang memenuhi perbukitan terbentang..
    Berani Coba..!!
    Salam Kenal😀

    1. saya tau kota yg anda maksud, kota modern nan indah di tepi pantai berpadu dgn bukit2 hutan tropis n lampu2 so pasti itu kota tercintaku Balikpapan, my hometown….
      yah saya rasa para backpacker patut mencoba berpetualang di bumi kalimantan, mungkin tidak ada danau atau pegunungan yg nampak indah spt bali n jawa tp petualangan arung jeram, hutan dan off road nya itu loh, ok banget, pokoknya asyikin aja boss ….

  3. Gw seneng banget liat backpcker TV One. Acaranya asyik bozz, gw serasa ikutan travelling ke berbagai tempat yang di kunjungi sama hostnya. Apalagi gaya Yulika Satria Daya bawain tuh acara nyantai abis. Ada kalimat yang gw suka dari Yulika : ASYIKIN AJA BOSS dan DIBIKIN ENAK AJA BOSS..He.He.

  4. Hai, keren jg pengalamannya. Kayak dua orang nekat yang gak modal buat hiking. But, it’s fun. Aku jg pernah ma temen2 SMA waktu ikut pramuka dulu, iseng-iseng deh hiking k tempat gk dikenal di satu bukit di pegunungan yang gk trll dikenal. Nginep. Gk bw tenda pula. Tp asyikin aja. Akhirnya pulang-pulang banyak yang kena masuk angin. He..he.
    Aku jg suka Yulika tuh, reporter yg satu itu gayanya emang beda ma yang lain. Salut bwt Backpacker TV-One.
    Salam kenal, ya!

  5. Asyikin aja .itu yg buat gw sk ma yulika ‘n backpacker Tv-One keren abis, pa lg jln2 dkawasn timtengnya tmptnya krn2 abis

  6. backpacker, satu-satunya acara wisata yang paling q seneng, hostnya nyantai serasa ikut jalan-jalan tapi itu hanya mimpi. Tapii… asyikin aja boss…

  7. Saya jd ga bisa nonton backpacker lg karna pindh jam tayang ke hari Rabu jm 1 siang, soalnya saya pulang kerja aja dah jm 2 siang. Tolong dong diputar lg tayangan ulangnya sore atau malam hari. Terima kasih.

  8. wah…ikutan komentar ah! bener banget tuh, acara tvOne emang keren2 dan nambah wawasan, terutama Backpacker itu… Yulika juga keren banget tuuh, gayanya beda n orisinil, nyantai banget. Cara dia bercerita juga seru. Aku suka banget liat acaranya. memunculkan sense of adventure ku muncul. hehe…

  9. yup, Yulika emang bawain acara selalu asyik. seperti yang selalu dia katakan. “Di asyikin aja boz!” hehe. Ayo berpetualang ^_^

  10. ya..ampunnn…k thu fans backpacker bgt..pa lg ma k2 yulikanya ,udh ganten,taat brbadah pinter pla pa thu kncinya?????…bgi2 dong….ASYIKIN Aja BOZZZ

    jangn hanya fans backpacker aj dunk..ayo backpacking. hehe *mendapat pengalaman hidup dari melakukan perjalanan. jadi g sekedar pelesiran doank. hehee. so…. di asyikin aja bozz ^_^

  11. Asslm,lam kenal ka yulika satria daya. Keren jg namanya,cool jg gayanya,asyiik bgt acaranya…Q jg suka bgt hiking ke gunung. Oea, gmana klo backpcking nya ngajak kita2 jg. Pasti seru. Akomodasi sendiri donk,gmana saran ku?? Tlg prtimbangin y bozz…Please,ka yulika bikin fansClub donk…

    haha… Mb Nuri, saya bukan Yulika mb, sy cuman nulis tentang backpaker aj kok. wah3..kok bisa nembak saya sebagai Yulika mb? *ntar deh saya gantiin si Yulika jadi host backpacker. hehehe

  12. Ehm..
    Aku trmsk pnonton bru Backpacker.Sjak jm tayangny brubah jd hri Rabu jm 1 siang tepatnya..
    Backpacker mbwa pnontonny brwisata kliling dunia hy dr dpn tv.Mghibur dan nambah wawasan kta gk hy tmpt2 wisata di luar negeri tp jg kehidupan masy dsna..
    Daya,cranya yg santai bwain backpacker dgn ‘asyikin aja’,jg gk trksan sotoy kyk presenter acr2 wisata lain mbuat yg nonton jd gk mrasa monoton..
    Wah backpacker versi ramadhan jd jejak islam,dr jdul brunya sbnrny jd agk2 ilang ‘wisatanya’ tp spt napak tilas prkmbgn & prjlnan islam di masa lalu..Eits ini hy pndptku aj,jgn dianggap kritikan pedas ya..Hehe..
    Sukses yaa utk backpacker,Daya & TvOne.. ^_^

    terimakasih. happy travelling, n take lesson of life from ur journey. di asyikin aja boss ^^

  13. Lha ni siapa ya?kru tvone bukan?cuma mo ndukung backpacker ja.kak Yulika bisa punya wajah maniez tu makannya apa sie?

    ini sy pemilik blog dan bukan siapa2. hehe.
    ya Kak Yulika makan nasih lah mb… hehehe

  14. setuju bgt klo banyak yg seneng ma acara backpackernya TVONE asyik abis.sukses buat yulika and TVONE.

    yup,sukses wat acara Backpacker TVOne dan semoga saya bisa jadi da next host *hahahahha

  15. hallo Backpacker, ud sampe mana nih, sekarang?

    belum banyak k mana2 nih, masih butuh petualangan yang seru. o iya, jangan ngaku backpacker kl belum menjelajah Indonesia tercinta. hehe. salam backpacker

  16. Saya juga berencana keliling Indonesia sebagai backpacker….gimana klo barengan…

    *tapi sampai sekarang masih tahap menabung…

    gmana kl format backpackernya keliling Indonesia sambil cari kerja, jadi nabung dan nyari duitnya saat dalam perjalanan. *menarik kan. hehehe

  17. Aq suka bnget sm acr backpacker pa lagi ql hostnya yulika..cara bceritanya asyik..tenang..Duch..yulika..!qm koq maniez sich?? Hostnya jgn diganti ya..yulika,mnt email addressnya donk?

  18. Aq suka bnget sm acr backpacker pa lagi ql hostnya yulika..cara bceritanya asyik..tenang..Duch..yulika..!qm koq maniez sich?? Hostnya jgn diganti ya..yulika,mnt email addressnya donk?
    Oh ya,gmn ql skali2 jln2nya k kmpung aq,di tembilahan,riau?

    Yulika sekarang gi sibuk bawain acara Jejak Islam. tp moga host backpacker g d ganti. dan sekarang format acara backpacker masih fokus travelling k LN. gmana kl gabung d Fb fans nya Yulika di http://www.facebook.com/pages/Yulika-Satria-Daya/69800419981?v=feed&story_fbid=142343440597

  19. backpacker top abis dah,apalagi Yulika keren abis,mirip ma Paundra Karna,ngebawain acaranya nyante banget,so gak pernah bosan bwt nonton,jadi ingat waktu Yulika ngelihat salju bwt pertama kalinya,udik pisan euy.mgkin Q juga kayak gitu,hehehe

  20. diantara semua rep0rter-reporter petualangan.
    Kayaknya aku lebih suka sama kak YULIKA, bukan dari physicly . Tapi dari karakternya yang sederhana dan cara bicaranya yg nyantai. Darisitulah inerbeauty-nya terpancar, dibalik dirinya yang sederhana, ternyata dia itu pintar, rajin dan berani mengambil resiko.

    Seandainya aku bisa berkomunikasi dengan dia, walaupun hanya lewat dunia maya .. (my wish)

    Pokok’y
    I really really LOVE HiM ..😀

    -asikin aja boss-

  21. saya juga suka sama acara bacpacker dan pengalaman km tentang berpetualang ke gunung itu juga jd inspirasi saya untuk berpacpacker..hhe…dengan cara itu mungkin jadi salah satu cara kita untuk mensyukuri indahnya dunia yang Allah buat untuk kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s