Kongkow@ Rumah Muslim

Sudah 3 hari ini saya dan teman bersama seorang programer ngerjain project akhir di sebuah tempat yang lebih comfort daripada di Café,sang programer ini mengakui kalo tempat ini adalah kantor barunya. Memang sih café adalah tempat yang nyaman. namun kurang nyaman dari segi harga bagi kami para anak kost (hehe). Nama tempat ini adalah Rumah Muslim yang menyediakan beberapa pelayanan. Diantaranya yang paling utama adalah Hot Spot, kemudian ada tempat makan prasmanan, ada ruang pertemuan, dan ruang baca berupa perpustakaan. Lokasi tempat ini berada di Deresan dekat dengan percetakan Kanisius.

Tempat yang sangat bagus dan menarik menurutku. Dengan mengusung konsep Islam yang mencoba menjaring para intelektual muslim dan juga mencoba mengekplorasikan diri lewat teknologi dan budaya membaca. Untuk layanan internet sendiri, para owner dan pengelola rumah muslim ini menyediakan layanan hot spot dan juga internet menggunakan komputer. Adapun konsep pelayanan internetnya menggunakan sistem pembelian voucher yang diletakan disuatu tempat tanpa ada yang menjaga yang mencoba menerapkan sistem amanah. Jadi saat ambil voucher internet langsung masukkan uang ke dalam box yang tersedia. Adapun nominal vouchernya bervariatif, dengan nominal terkecil adalah Rp2000,- dengan durasi internet selama kurang lebih 80 menit dan yang terbesar adalah Rp 5000,- dengan durasi yang lebih lama tentunya (murah ya). Voucer yang dijual ada dua kelas. Yaitu kelas untuk laptop dan juga untk komputer. Kalo masalah kecepatan, wuih…memuaskan dah.

Lokasi Perpustakaan Luar dan dalam

Nah, untuk yang internetan menggunakan laptop biasanya menggunakan tempat makan prasmanan untuk standby dan kongkow. Karena para netter bisa membuat diri mereka nyaman dengan pelayanan yang ada. Seperti mau ngenet sambil makan silahkan, mau ngenet sambil mesen minuman (hmmm…gw banget), or sambil ngemil,or sambil nonton, or……. Ah, terserahlah yang penting bisa membuat diri nyaman.

Ko’ banyak akhwat yang ngenet ya???

Setelah sedikit tau tentang nih tempat, juga pengen tau sapa sih pelopor dan komunitas dari mana sih temen2 ini. Pertama dari para laki-lakinya yang biasa di sebut para ikhwan. Terlihat di meja makan setelah makan, mereka berkumpul sedang serius membicarakan sesuatu dengan para audience yang sangat antusias mendengarkan satu sama lain. Terdengar olehku pembicaraan mengenai pergerakan dan politik. Mereka sedang membicarakan bagaimana pemuda bisa bersatu dalam pergerakan dan bagaimana masyarakat Indonesia bisa exist dalam negara pemerintahan ini. Saya sih bukannya nguping, secara meja saya juga di samping mereka dan mereka ngomongnya juga berapi-api ya, mau g mau pasti dengerlah. Setelah beberapa lama terdengar, ternyata mereka adalah temen-temen dari halaqoh Tarbiyah yang yang merupakan anak perpanjangan cikal bakal PKS sebuah partai besar di Indonesia.

Yang paling menguatkan asumsiku ini bahwa ini tempat di pelopori dari temen-temen Tarbiyah adalah buku-buku bacaan yang tersedia di perpustakaan. Dan yang lebih menguatkan lagi, euih…… ternyata banyak para wanitanya juga yang asik ngumpul sendiri dan membuat halaqoh. Mereka biasa di sebut dengan para akhwat. Ada yang ngumpul ngenet, ada juga yang ngumpul rapat mungkin, tapi ada juga yang sedang sibuk mengurusi sebuah tempat yang mirip butik yang menjual perlengkapan bagi para muslimah.

Tempat yang menarik dan bagus untuk ngenet bagiku, karena murah sih, dan yang paling penting nyaman untuk kami kerja….hehehehe. Biasanya saya udah kongkow di meja makan bersama laptop setelah Isya sampai tengah malam. Ngerjain projek sambil minum kopi, hmmm… mencoba membuat nyaman dah. Biasanya juga saya di temani oleh lagu-lagu nasyid yang terdengar dari dalam. Jadi ingat ada lagu perjuangan dari temen2 tarbiyah.. « saat langit berwarna merah saga, dan peluru melesak berlarian…..nanan, nanaa » lupa. Dn selama semingguan ini bakal intensif kongkow di Rumah Muslim.

14 thoughts on “Kongkow@ Rumah Muslim”

  1. Akhirnya nemu juga tempat yg tepat…. Bisa kebayang deh kedamaian di sana. “Rumah Muslim”, .. how nice…. Met kongkow di tempat yg tepat!!… Moga sukses gaweannya ya…..amien

  2. wahh van.. stelah dengar lagu itu, ghirohku pun bersambut…*bletak, ad yg lempar… ana pun bernostalgila pas jaman2 dulu…
    ehh van, klo k sana lagi tulunk dunk d cariin akhwat yg memiliki kmampuan jaringan.. sperti setting router cisco, routerbox n bisa manjat tower sekaligus… Klo ada ana mau dunk, ta’aruf… hi5x…
    Kabuuurrrr Ahhhhh….

  3. @bu Rita : Amin bu Rita. thanks

    @ pank : Waduh bro, udah langsung pake ana,antum aja ente!!. hehehe.
    kalo ko suruh k nyariin akhwat, jangan sama saya deh. masih trauma nih. buat ko saja kompetisi bagi akhwat yang bisa manjat tower (berarti cari yang militan donk). halah.

  4. @ivan: ooo gitu, sperti bikin lomba panjat pinang ya… tp ini manjat tower, trus di atasx ada bendera… siapa yg bisa ngambil tu bendera trus di kibar2kan d atas tower itulah pemenangnya… hi5x… *liat kiri n kanan…. trus kaburrr lagi ahhhhh….

  5. Huahahaaha…sebenerbya kalian tuw nyari spiderman ya???… masak disuru manjat tower segala sihhh,??….hihihi….adada aja deh ihhh…..😀

  6. Hmmm di Deresan, kayaknya ada cowok cakep dulu pernah kos di sekitar situ🙂

    @Van+Pank= kayaknya disana namanya masih “rumah ilmu” deh, belum “biro jodoh” :p

  7. @ pank : iyo, pas 17an ko buat,kan pas sekali mi dengan hari merdekamu juga. ko taro gommok nanti itu di Tower. tapi bukan bendera merah putih di puncak, foto chubbymu saja sama routerbox…. wkakakkaka. jangan ko kabur……sa kejar ko. apa ji

    @ bu Rita : tau tu arfan, nyari kriteria calon istri. soalnya dia kan g bisa manjat tower bu. hahahaha. piss pank.

    “ana, antumaa, antum tuw sapa ya???…..kenalin dwong… :)”
    hahahaha, setau saya itu bahsa arab bu Rita. artinya “Saya, kalian berdua, dan kamu sekalian” ini untuk laki2 dan umum. Kl yang untuk wanita “anti, antumma, antunna”. weleh ko jadi pelajaran bahasa arab yach

    @Mas Bair : Kau mi itu mas orangnya. tapi hampir ko dulu di kalah sama abi ray. hahahhaah. iyo rumah ilmu. arfan ji itu. garrik ko arfan. heheheh

  8. waaaaaa… tempetnya cozy ga?*fast reading:D*
    deket2 keko keknya ya van?

    di cozy2in aj co. haha. keko mana tuh co. deket kanisius percetakan yang gw tau

  9. Baru ya tempatnya van, koq aq baru tau… hehe jangan2 malah aq yang kuper…

    keknya baru deh jar, tapi kemaren q lewat sana, warung hotspotnya udah tutup deh keknya.huhu

  10. 🙂 keep positive bro’

    btw, bukan PKS, atau IM, tapi… Hizbut Tahrir Indonesia ^_^

    kan ada Khilafah Centre-nya Van????

    wah…meneketehe mas. hihi

  11. Jadi inget waktu di MTsn (tsanawiyah setingkat smp), baru masuk langsung dihajar ngafal ana anta anti antumaa antunna antum hua hia
    karna males ngafalnya jadinya ketuker2 saking ngawurnya sampe2 guru bahasa arabqu pak Ahmad ikutan ketawa loh hehe…..

    wew, keknya si tomboy bandel ni waktu kecilnya. hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s