Kappurung

Wuih, jadi pengen nulis tentang makanan Sulawesi nih karena terpancing comment seorang teman di blog. tadinya agak sedikit bingung mau mbahas tentang peccok ato kappurung, maka untuk postingan pertama makanan Sulawesi saya menomorsatukan kappurung yang orisnil di banding peccok yang mirip dengan makanan jepang yaitu shusi. shusi adalah peraih emas olimpiade bulutangkis,eh… salah dink.

Back to the topic. Kappurung terbuat dari campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, kangkung, bayam, jantung pisang dan terong .Semuanya direbus sebentar. Kemudian daging2an yang disuwir2 direbus dengan bawang putih sebagai bumbu kuah kari kayana (hehehehe), dan sedikit cuka atau belimbing.

Yang paling enak adalah ikan2an terutama ikan bandeng,wuih…..mantap bo. Nah, untuk bumbu sambalnya terdiri dari cabe, ikan teri goreng, kacang, tomat yang dihaluskan (di ulek) menjadi satu. Namun yang paling penting dari semua itu, inti dari kappurung adalah sagunya yang diolah menjadi seperti lem kanji yang di “dole-dole” dengan dua sumpit agar membetuk bulatan dengan ukuran tertentu.

Sueger dan surprise banget….
bagi yang baru makan kappurung biasanya merasa aneh menelan sagunya yang seperti lem (hehehe). tapi lama2 juga akan terbiasa..bahkan ketagihan seperti saya:)

Kappurung lebih sering di masak untuk kumpul para ibu-ibu atau acara lainnya seperti selamatan pindahan, arisan, dan kumpul-kumpul untuk pengakraban diri sebagai ajang silaturahim. Intinya kalo ngumpul para ibu-ibu di Sorowako tidak akan meriah kalo tidak ada kappurung. hmm, so delicious

20 thoughts on “Kappurung”

  1. How dare you Ivan !! Bikin daku tambah terngences-ngences……oh kappurung dikaulah yang kuimpikan siang dan malam…..nantikan daku dibulan Agustus nanti, pokoknya Van, temen2 di Sorowako sudah kuwanti-wanti toloooong please sediakan kappurung buat kami sekeluarga…….mau nitip apaan neh Van ? Insya Allah akan saya carikan

  2. Hmmm lusa ngajak teman deh buatnya… ni gara2 ivan ni, dipajang disini sih jd bikin ngiler hehe. Mba Vonny slamat menikmati gambarnya ya sayy…. inget sayur ma ikan nya nggak??…sambelnya yg pueddeesss.??…( Mba Vonny langsung ngambil sendal jepit buat nabok…)…. huahahahah …..,Van, kaburrrrr.!!…..

  3. @Bu Vonny : emang sengaja posting tentang kappurung bu, biar makin kangen u pulang,hehehehe. Owh, bulan agustus nanti udah balik lagi ya ke Sorowako?? sip deh. saya nitip salam aja ama Sorowakoku dan keluarga Bu Vonny. Ntar kalo mo ngumpul2 makan kappurung undang saya yah…..hehehe

    @Bu Rita : Ikannya itu loh kalo di campur ma kuah kappurung yang udah di racik bin pas ama sambal yang puedess……ehmmmmmmm….., Mak Nyosss…..(mpe ilernya keluar). Kabooorrrrr yok…!!!!!

  4. @Endha81 : Biar lebih mape’di’ kata2nya. di tambah jadi “MANRASA TANTA….!!!” thanks udah mampir ke blog saya. Salam

  5. AAArrrrggghhhh…

    bikin laper, hehe…

    Kappurung nya satu please…

    hehe…

    ternyata blog ini menimbulkan efek samping…

    “menyebabkan pembacanya menderita laper akut”

  6. Iya Van, Agustus nanti mau pulang ke Indo tapi balik lagi kesini, alias cuma liburan doang. Rencananya sebulan doang dan mampir kebanyak tempat. Serius neh Van ngga nitip apa2 ? Buku misalnya ? Ngomong2 dapet foto kappurungnya dari mana yak ? Kok niat banget sampe ada fotonya segala, emang di Yogya ada yang jual sagunya ?

  7. @Akbar : hahaha, akbar…kamu udah pernah makan kappurung apa blom??? kalo belum, patut di coba…thanks bro udah sowan ke Blogku.

    @Bu Vonny : Owh, cuman vacation doang to ke Indo, kirain…..! wah, serius ni bu Vonny mau beliin oleh2. Jadi Enak nih (hihihihi), g baik juga untuk menolak😛 .hmm… gimana kalo saya nitip sesuatu yang bisa menjadi kenangan, buku kayakna bagus juga tuh. tapi saya kan di Jogja bu Vonny. gimana tuh???.
    Saya pernah acara kappurungan ma anak2 Sorowako di Jogja, tapi sagunya bawa dari Sorowako. setelah libur lebaran tuh kalo g salah. hehehe. Thanks Bu

    @Bair : iyo mas, silahkan.
    Iyo le’, paddui’ namanya. kau mi pale orang bugis asli….hehehe

  8. Soal Ivannya di Yogya kan gampang, saya tinggal minta tolong mbak Rita untuk mempaketkannya. Buku apa yang Ivan butuhkan saat ini ? Mungkin Ivan bisa browsing di internet nanti saya carikan, buku disini ngga semahal di Indonesia. Suka cokalt ngga ? kalo saya berhubung lidah kampung ngga doyan coklat dari luar, bagiku Silver Queen is the best…..dasar wong ndeso.

  9. Soal Ivanya di Yogya kan gampang, nanti aku minta tolong mbak Rita untuk mempaketkannya. Buku apa yang Ivan butuhkan ? Tinggal browsing diinternet, nanti aku carikan disini. Doyan coklat ngga ? Aku seh ngga doyan coklat2 dari luar negeri, bagiku Silver Queen is the best. dasar wong ndeso ya…..payah.

  10. Van, saya bisa minta tolong mbak Rita nanti yang mengirimkannya ke Ivan…..buku apa yang Ivan butuhkan saat ini ? Mungkin Ivan bisa browsing diinternet, nanti saya carikan disini. harga buku disini ngga semahal di Indonesia. Doyan coklat ngga Van ? kalo saya ngga doyan coklat dari luar, bagi saya Silver Queen ngga ada tandingannya, dasar wong ndeso payah deh…….

  11. Van, saya bisa minta tolong mbak Rita nanti yang mengirimkannya ke Ivan…..buku apa yang Ivan butuhkan saat ini ? Mungkin Ivan bisa browsing diinternet, nanti saya carikan disini. harga buku disini ngga semahal di Indonesia. Doyan coklat ngga Van ? kalo saya ngga doyan coklat dari luar, bagi saya Silver Queen ngga ada tandingannya, dasar wong ndeso payah deh…….

  12. Ivan, nanti kan saya bisa minta tolong mbak Rita mempaketkan kirimannya ke Yogya……buku apa ya yang kira2 Ivan butuhkan ? Barangkali bisa Ivan browsing dulu di internet, nanti saya carikan disini. Harga buku disini tidaklah semahal di Indonesia.

  13. Waah….sekalinya bisa masuk, langsung masuk semua…..tadinya saya coba berkali-kali gagal dan hilang…..ngga tau kenapa ya…..sorry Van, jadi bertubi-tubi neh

  14. cocok mi itu…tp paling enak itu dikombinasikan dengan ikan carede plus dange secukupnya broo..ditambah juga dengan gami2 kolame campur belimbing muda..ededehh..mapappe abis..

Leave a Reply

