Say What You See And Feel in English!

Suatu hari salah seorang siswa yang belajar privat bahasa Inggris dengan saya bertanya,”Sir, bagaimana sih caranya agar bisa berbicara bahasa Inggris dalam waktu singkat?” Ia yang seorang karyawan swasta itu nampaknya sudah ‘kebelet’ ingin sekali bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

Lalu saya menjawab pertanyaannya,”Tidak ada cara singkat untuk bisa berbicara bahasa Inggris.” Raut wajah siswa saya itu nampaknya berubah dan terkesan menunjukkan guratan-guratan kekecewaan.

Saya segera melanjutkan kata-kata saya,”Tetapi jika kamu ingin sekali bisa berbicara bahasa Inggris, saya akan berikan sebuah kalimat.” Siswa saya yang bernama Ari itu masih kelihatan bingung.

Saya ambil sebuah boardmarker dan menuliskan sebuah kalimat di whiteboard. Kalimatnya berbunyi,”SAY WHAT YOU SEE AND FEEL IN ENGLISH!” Ari mencoba membaca kalimat itu dengan pelan. Sengaja saya biarkan ia selama 5 menit untuk memikirkan dan menginterpretasikan kalimat yang sederhana itu. Ia pun mengangguk-angguk dan berkata,”Benar juga ya!”

Banyak sekali pelajar yang mengeluh karena mereka ingin sekali bisa berbicara dalam bahasa Inggris tetapi setelah belajar berbulan-bulan atau bertahun-tahun mereka belum juga bisa berbahasa Inggris secara fasih. Penyebab yang paling umum adalah kurangnya berlatih. Penyebab lainnya adalah kurangnya percaya diri, rasa malu untuk berlatih, atau tidak adanya partner untuk berlatih.

Saya sering memberikan kalimat “SAY WHAT YOU SEE AND FEEL IN ENGLISH!” ini kepada siswa-siswa saya. Kalimat ini nampaknya sederhana, tetapi jika esensinya dijalankan, maka kemampuan untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dalam waktu yang lebih singkat bukan mustahil untuk dicapai.
KATAKAN APA YANG ANDA LIHAT DAN ANDA RASAKAN DALAM BAHASA INGGRIS. Dengan kalimat yang sederhana ini, Anda akan dibawa dan diajak ke suatu atmosfer kondusif yang memungkinkan Anda untuk terus berbicara dalam bahasa Inggris.

KATAKAN APA YANG ANDA LIHAT… Misalnya di suatu pagi Anda keluar rumah dan melihat bunga mawar di taman rumah Anda, Anda bisa berkata,”This is a rose. The color of the rose is pink. This flower is very beautiful and it smells good. A rose is a symbol of love. I like this flower so much…” Atau, ketika Anda sedang berada di ruang tamu sendirian, Anda bisa berkata,”This room is very comfortable. There’s a sofa at the corner of the room. The color is blue. Beside the sofa there’s a very beautiful lamp. I like sitting in this room because in this room I can watch TV, I can read my favorite books, I can have a chat with my parents, my brothers and my sisters.”

KATAKAN APA YANG ANDA RASAKAN… Misalnya pada saat Anda baru bangun tidur, Anda bisa berkata,”Oh, I feel so fresh now. I slept soundly last night.” Atau, ketika Anda baru pulang dari toko buku, Anda bisa mengugkapkan perasaan Anda dalam bahasa Inggris,”I went to a bookstore to buy a new English grammar book. In the bookstore I met a very beautiful girl. When I took a grammar book from the shelf, she also took the similar book. Then I introduced myself to her. She smiled so sweetly. We had a little talk about English. She was a good person to talk with. Unfortunately, I forgot to ask her phone number. I hope I can meet her again some day.”

Bayangkan jika setiap yang Anda lihat dan Anda rasakan Anda ungkapkan dalam bahasa Inggris, berarti Anda sudah bisa berbicara dalam bahasa Inggris, bukan? Untuk tahap awal mungkin praktek ini akan terasa agak sukar. Tetapi percayalah… seiring dengan waktu kesukaran itu akan berubah menjadi kemudahan. Bukankah alah bisa karena biasa?

Cobalah terapkan kalimat di atas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Mudah-mudahan Anda akan bisa berbicara bahasa Inggris dalam waktu yang lebih singkat. Jangan lupa untuk selalu membawa kamus Anda sehingga Anda bisa mendapatkan kata-kata baru ketika suatu saat terbentur dengan arti sebuah atau beberapa kata. Teruslah berlatih karena kesempurnaan hanya bisa dicapai dengan berlatih (Practice makes perfect). Jangan takut membuat kesalahan karena tak seorang pun yang tidak pernah berbuat salah.

http://free-english-lesson.blogspot.com/

10 thoughts on “Say What You See And Feel in English!”

  1. Iya tuh Ivan bener banget apa yang Ivan bilang, awalnya susaaaah banget tapi kalo ditekuni akhirnya biarpun masih salah-salah bisa juga tuh, apalagi kalo lagi kepepet. Anak2 saya bilang gini ; mommy ini kalo ada yang datang mau betulin sesuatu selalu nyuruh2 kita yang ngadepin dengan alasan bahasa inggerisnya berantakan tapi kalo bergossip sama temen mommy ditelefon pake bahasa inggeris kok bisa…..ha……ha…….ha……

  2. Kalo aku, bingung tenses nya hehehe…. kalo udah kepepet.. yaaa ta’ terabas Present tense smua (itu pun gak taw simp, cont, or perf,.. don’t care hehe)…
    Truz, Partner,…. bukan gak ada tp dia2-nya pada bingung saking ngacoonya english.-qu….hikss..
    Mbak Von, gimana nih inget kan waktu kita les bareng hahahaha…… tapi gw pasti kalah deh skarang….(dulu jga kalah ko’ yak hehehe)….

  3. Hmm kadang kita lupa kita tidak sedang belajar bahasa dan sastra Inggris🙂, padahal kita ingin belajar berkomunikasi, dan saya sudah menerapkan untuk komunikasi hantam kromo, sulit make english language, pake body language juga jadi hehehe..

    Malahan pengalaman, pernah scara grammar sudah betul tapi secara komunikasi justru salah, kayak nanya umur ke orang bule’ dll🙂

    Btw kapan2 mau nih belajar ama Pak Guru Ivan …

  4. Hhhhmmm nanya umur, sama juga kalo nepuk bagian bawah (maksudnya maaf” pantat’) kalo kita ma teman kan biasa nepuk dari blakang, kalo mereka, yaa mending nepuk palanya hehe.., sebaliknya kalo kita, nepuk pala bisa tersinggung 7 turunan tuw hehe…(duhh nyambung gaksihhh nihhh)

  5. Bener van, Klo bisa bhs Inggris , tapi gak dipraktekin susah juga, mending belajar Bhs Inggris, langsung dipraktekin.
    kan jadi dapet banyak pengetahuan tuh, gak cuma tulisan tapi setelah dipraktekan kita juga bisa spelling nya, klo spelling nya ada yg salah bisa langsung diperbaiki…bukan begitu Van??hehehe

  6. Kadang2 apa yang kita pelajari di Indonesia ada yang ngga nyambung disini. Untuk percakapan sehari-hari banyak juga mereka menggunakan bahasa slank, kalo udah ketemu bule yang ngomongnya cepetnya minta ampun….nyerah deh, waktu baru datang puyeng juga nyari kata2 kayak kesemutan, sariawan, kotoran hidung dalam bhs Inggeris…..lama2 tau juga dari anak2. Menanyakan soal umur ke bule kayaknya ngga lazim dilakukan, terkesan ngga sopan…..kalo ke anak2 ngga papa……Iya tuh jaman dulu waktu masih di Sorowako ngeles bhs Inggerisnya sama-sama dengan Rita, kalo ada pe er nanyanya sama suami….ha…..ha……ha…. BTW mau ngga Van jadi guru bhs Inggerisku ? Tapi naik apa ya kesininya, naik pete-pete nyampe ngga yaaa….

  7. @Bu Vonny : Wah keren tuh bahasa slangean, kayak kotoran idung : nose feces (wkakakaka). btw, jadi guru bahasa Inggris? hmmm (sambil lihat list schedule) eeee, bisa-bisa, tapi bahasa inggris slank yang ngalor kidul,naek pete2 nyampe kok,tapi pete2nya naek pesawat. hihihi.

    tapi saya menawarkan les privat bahasa yang lebih gaul daripada bahasa Slank. yaitu bahasa “Balek-balek”. bahasa ini di kenal oleh kalangan muda Sorowako. Bukan bahasa Negara, juga bukan bahasa daerah. hanya bahasa gaul. Bahasa ini hanya membalik vokal huruf hidup pada setiap kata-kata bahsa indonesia, kalo huruf vokal hidupnya semua kembar,maka memakai sedikit paksaan

    Saya berikan free lesson sebagai perkenalan kepada anda :
    ex : Mau di “Balek” menjadi Mua
    Kau di “Balek” menjadi Kua
    nah silahkan berkreasi dengan kata2 lainnya, o iya…bahasa gaul ini harus di kolaborasikan dengan logat Sorowako. pasti keren.

    Anda berminat, dan ingin gaul di Sorowako dengan kalangan muda. pelajarilah bahasa ini, hubungi sekarang juga.Mumpung saya masih memberi diskon. atau kalo anak anda sudah dari orok di Sorowako. belajarlah pada mereka. Wkakakakakakak.

    Salam Gaul

  8. nni seh, lebih susah dari bhsa ingris hehe… cuapeedeeeeee….
    bibir bisa muter2….. mmmpuyeng dahhhh…..tpi oke ko’ ….oya oke di belek….? logatnya?…….
    pikirin ndiri deh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s