Font Arabic u Tugas Akhir

Telah terhitung hampir 6 bulan , sejak saya memulai mengerjakan Tugas Akhir sebagai prasyarat kelulusan Universitas untuk memperoleh gelar “S.Kom” dan juga agar bisa membahagiakan Nyak dan Babe di kampung halaman. banyak hambatan yang saya dapati dalam mengerjakan tugas akhir ini, baik itu hambatan teknis ataupun non-teknis.

Salah satu hambatan yang saya alami pada pergerjaan tugas akhir ini adalah bagaimana saya bisa menemukan atau menginstal Font Arab pada laptop saya. Karena pada project akhir ini saya mencoba untuk membuat suatu aplikasi pebelajaran cara membaca Al-Qur’an menggunakan media Handphone dengan bahasa pemrograman Java, itung-itung sebagai dakwah dan menambah referensi teknologi Islam.

Saya sudah coba browsing ke Internet bagaimana menyeting PC/Laptop saya agar bisa menulis arab. Saat mengikuti langkah-langkah untuk menyetingnya,dari referensi yang saya dapat. ternyata hasilnya gagal. setelah ditelusuri ternyata memang laptop saya yang g bisa menerima untuk di Instal,secara memang laptop yang saya miliki ini laptop jadul dan katro. tapi saya sayang “dia” hehehe.

Hampir putus asa,namun berfikir kembali bagaimana agar saya bisa menuliskan teks arab. Hah….”Banyak Jalan Menuju Roma”, apa sih yang g ada di internet. Saya buka seach engine pada google dan saya ketikan key word “arabic pad” ternyata dapat Alhamdulillah, dan ternyata ada Softwarenya yang bisa di download secara gratis. jika ada yang ingin mendowload silahkan klik saja ini : Arabic Pad ,yang telah dikemas dalam bentuk zip. Downloadnya sangat cepat karena ukuran file yang sangat kecil. disamping itu juga penggunaannya amat mudah karena telah disediakan Arabic User Guide.

Akhirnya saya bisa melanjutkan proyek akhir saya dengan format tulisan arab, Semoga dalam pengerjaan tugas akhir ini mendapatkan kemudahan lebih dari Allah. Amin

7 thoughts on “Font Arabic u Tugas Akhir”

  1. mbaca Al Quran by handphon… mamfaat….idenya bagus bngt tu.. jdi isa baca kapan dan dimana aja…praktis lagi…. moga sukses ya….. en moga yg diomongin arfan juga sukses hehehe…. na lo fan juga kudu dong akhhhh…….

  2. Wow….cara baru menambah pahala
    bagus bgt pernah nyoba juga di Hp tapi sampai sekarang gak bisa…
    apanya yg salah yah???
    apa hp saia yang gak bisa😦

  3. thanks infonya mas..saya juga tertarik mengembangkan sebuah game mobile menghafal al-qur’an (metode melengkapi ayat) menggunakan java..msh ada kendala juga untuk membaca font arabnya.. thanks bro atas pencerahannya..

  4. assalamualaikum…

    terima kasih atas tulisannya…
    tapi saya mau nanya tentang pembuatan program netbean menggunakan arabic pad.

    saya sudah mencoba menggunakan arabic pad, tapi saat di run hasilnya hanya tanda tanya (?), tulisan arabnya ga muncul.
    mohon pencerahannya … terima kasih

Leave a Reply

