Backpacking ke Pulau Karimun Jawa

tft

Indonesia adalah wilayah yang mendapat julukan Negeri Seribu Pulau karena memiliki begitu banyak kepulauan-kepulauan indah yang membentang dari timur ke barat. Dan beruntungnya lagi Indonesia berada di Segitiga Terumbu Karang (The Coral Triangle) dengan keistimewaan keanekaragaman hayati laut. Di mana keindahan alam bawah laut Indonesia telah mengundang pejalan local dan asing untuk menikmati baik itu menyelam ataupun sekedar snorkeling.

Akhir pekan lalu saya baru saja melakukan perjalanan ala backpacker bersama komunitas travelers global. Saya tergabung dalam komunitas yang di namakan dengan Travelers For Travelers yaitu suatu komunitas pertemanan yang senang berpetualang dan berkunjung ke suatu wilayah-wilayah baru dan menarik dengan mengedepankan perjalanan low budget. Jika anda ingin bergabung silahkan kunjungi website nya di sini.

Perjalanan yang kami lakukan adalah mengunjungi Pulau Karimun Jawa yang memiliki keindahan akan pantai dan terumbu karangnya. Keberangkatan awal saya lakukan dari Kota Jogjakarta tempat domisili saya tinggal menuju Semarang. Dari Jogjakarta kita bisa naik bis ekonomi ataupun eksekutif menuju Semarang. Jika anda naik bis eksekutif maka anda akan di antar sampi k Kota, tapi jika anda naik bis ekonomi anda akan transit di Magelang untuk tukar bis menuju Semarang dan sampai di Semarang pemberhentian hanya sampai Terminal Tromboyo dan tidak masuk k kota. Perbedaan harga ekonomi dan Eksekutif tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Jadi itu pilihan.

Sampai di Semarang saya harus menginap dulu untuk keesokan harinya menuju Pelabuhan jepara yang di tempuh sekitar 2 jam. Menaiki mini bus dengan tariff 11 ribu menuju arah timur dengan suguhan bulat cerahnya matahari pagi berwarna orange. Sampai di terminal Jepara saya dan tim naik becak dengan tariff per becak 10 ribu menuju pelabuhan. Serunya para tukang becaknya balapan. Haha.

blog1Menuju pelabuhan Jepara  kemudian membeli tiket.  Kami naik kapal fery jam 9 pagi kelas ekonomi dengan tariff 28.500  termasuk pajak. Perjalanan yang di tempuh sekitar 6 jam jika air tenang dan 7 jam jika ombak.  Kapal Ferry ini berangkat 2 kali dalam satu minggu dari Jepara.  artinya 2 kali juga dalam seminggu dari Karimun. Namun Ada  jugakapal cepat dengan waktu tempuh 2 jam menuju Karimun dengan starting point di pelabuhan Semarang. dan tarifnya sekitar 100an perorang. jadwal kapal cepat ini menurut informasi sekitar 2 kali dalam sebulan.

Sesampainya di Karimun Jawa, begitu keindahan pantai yang menyambut kami. Pemandangan pantai yang indah dengan jajaran pohon-pohon kelapa yang menjulang seperti telah berbaris rapi sambil melambaikan tangan salam perjumpaan. Kami tiba sekitar pukul 4 sore dan langsung di jemput pihak hotel yang sudah di reservasi sebelumnya. Hotel yang nyaman dan bersih tetapi murah “backpacker gitu loh” nama hotelnya adalah Hotel Duta Karimun dan nama pemilik hotel adalah Pak Iponk (hp : 08122827007) . Tarif menginap adalah 75rb for one night. Rate hotel bisa nambah kl anda juga mesen agar AC di nyalakan dengan tambahan 25rb. Setelah semua backpack masuk ke Kamar masing-masing, sore itu kami sempatkan berkeliling di sekitar pedesaan Karimun dan hunting sunset di dermaga Karimun sambil memancing bersama anak-anak. Adzan berkumandang dan semua tim kembali ke hotel. Di sana kami beristirahat menunggu hingga besok pagi, menanti untuk melakukan petualangan wisata bahari di sekitar Pulau Karimun.

forupload blog2

Pagi harinya sebelum memulai aktifitas, sekitar jam 5 pagi kami berburu sunrise di pelabuahan Karimun tempat kapal ferry parkir. Namun jika kita ingin menemukan tempat berburu sunrise yang indah ada suatu tempat bernama Marina. Suatu tempat yang indah dengan pemandangan langsung pantai dan jajaran pohon-pohon kelapa dan disekitar bibir pantainya dihiasi dengan karang-karang yang menjulang penyejuk ornamen keindahan. Dan tentunya terpaan matahari pagi yang menyiangi luasnya pantai.

Selepas berburu sunrise, semua tim sudah bersiap untuk melakukan penjelajahan pulau dengan menyewa kapal motor yang berkapasitas 30 orang dengan sewa sehari sekitar350 ribu + guide 100 ribu . Adapun pulau pulau yang kami kunjungi untuk di eksplore adalah pulau Cemara Kecil, pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar.

Perjalanan menuju Pulau Cemara Kecil ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit. Jadi selama perjalanan, anda bisa sekalian sunbathing di kapal karena matahari pagi baik untuk tubuh. Pulau Cemara Kecil dalah suatu pulau kecil yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut dengan dasar yang rendah sehingga sangat nyaman jika kita ingin berenang di sini. Sekitar satu jam kami berenang dan ber-snorkeling ria di pantai pulau ini. Coral-coral yang indah dengan habitatnya menjadikan saya merasa sangat menikmati pemandangan alam bawah laut yang baru pertama saya lakukan. Dan tentunya mengabadikannya dengan foto-foto indah coral.

DSC01722 P6070181

Dari Pulau Cemara Kecil kami menuju Pulau Menjangan yang tak kalah indahnya. Kapal berhenti agak di tengah laut kemudian membuang jangkar. Sekali lagi kami akan menikmati keindahan bawah laut. Kali ini dasar lautnya dalam sehingga teman-teman yang tidak bisa berenang hanya menunggu di kapal. Saya dengan kamera pocket waterproof langsung terjun tak sabar (dasar anak aer), untuk menikmati keindahan bawah laut. Kali ini coral-coral yang ada lebih indah dan lebih bervariasi. Tampak bangunan-bangunan peradaban kota bawah laut dengan keindahan pancang-pancang karang yang merekahkan bunga-bunga karang berwarna-warni yang tersibukkan oleh keriuhan dan keramaian penduduk kota yang beraneka ragam jenis, warna dan bentuknya. Terlena dan terlamun lama bercengkrama dengan penduduk bawah laut dan peradabannya saya di kagetkan oleh P Hakim sang guide yang menepuk pundakku dan mengajak kembali ke kapal. Saat menengadahkan pandanganku ke langit ternyata hujan lebat melanda. Dan ku tau mengapa P Hakim mengajakku kembali. Wow, Menikmati keindahan alam bawah laut tadi benar-benar membuatku sejenak melupakan langit.

P6070250 P6070254

Hari sudah siang dan semua harus istirahat untuk makan siang. Kami merapat di Pulau Menjangan kecil. Di sana terdapat beberapa resort yang luxury jika ingin tinggal di sana anda harus ngeluarin kocek 320 semalam *mahalllll….. memang tempat yang indah dengan pasir putih dan tempat yang benar-benar strategis, namun kami hanya singgah untuk makan siang. Dan tentunya sambil jeprat-jepret.

Setelah makan siang kami menuju persinggahan tujuan akhir yaitu Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini adalah tempat penangkaran ikan hiu dan pelestarian penyu laut. Manariknya di sini kita bisa berenang ria bersama ikan-ikan hiu yang sudah terbiasa berenang dengan manusia. Tapi saran saya jangan berenang dengan hiu-hiu itu saat mereka sedang lapar. Hahaha. Berenang bersama hiu dan menunggangi penyu raksasa adalah pengalaman yang harus anda lakukan jika anda ke sana.

upload1 upload2

Setelah sore, kami semua harus kembali ke hotel. Dan penjelajahan hari ini harus berakhir. Sayang ini adalah hari terakhir kami. Padahal masih banyak tempat yang belum tereksplore di Pulau Karimun yang indah ini. Masih banyak tempat coral-coral yang indah di pulau lain. Keesokan paginya sebelum pulang kami singgah sebentar di suatu tempat yang bernama Marina untuk hunting sunrise. Tempat yang strategis menghadap ke timur dengan karang-karang memancang tinggi dan jejeran pohon kelapa yang tampak indah dengan sinar pantul mentari timur di pagi hari. Begitu menyejukkan. Namun saya g ikut karena kelamaan di toilet saat akan berangkat, jadi di tinggal dah.

“Adalah pengalaman indah yang takan terlupakan dalam hidupku. Dan telah terpahat indah di pikiran ku akan keindahan pulau dan alam bawah lautnya. Suatu saat aku akan kembali ke tempat ini untuk bercengkrama bersama pulau-pulau lainya untuk kembali menikmati keindahan-keindahan mereka. Karimun Jawa… tunggu aku, karena aku akan kembali ^_^”

Ps :

  • Kau harus benar-benar besyukur menjadi putra Indonesia sebagai negara yang memiliki begitu banyak pulau-pulau yang indah.
  • Foto-foto dapat di lihat di picasaku

Alhamdulillah

My Sign

tambahan update dr comment mas adi_latief :
kemarin aku baru aja pulang dr karimun..info ter up to date , kita mulai dr pelabuhan keberangkatan aja ya….
sekarang dah ada kapal ferry cepat bahari express…tiket excecutive rp 84.000
jadwal keberangkatan
senen jepara karimun/10.30-karimun jepara 13.00 (pp)
selasa jepara karimun 10.30
rabu karimun jepara 10.30
kamis off
jum,at sabtu minggu ada pelayaran juga..
aku sarankan utk hari pertama nginep d wisma apung…selain penginapannya unik beradai d tengah laut, kalian bisa berenang dg ikan hiu.
sewa kamar 150 rb pakai kipas, 300.000 pakai AC.
listrik d karimun klu siang emg mati…klu mo tour daat anda bisa sewa sepeda motor 75.000. tour laut sewa kapal 350.000 + guide 100.000. , jd lebih enak k karimun bareng banyak teman, sewa kapalnya bisa patungan… hehhehe
tour laut kalian bisa mengelilingi pulau2 yg tak berpenghuni..dan bisa diving ato snorkelling.
tp nggk usah jauh2 klu mau snorkling.. di dekat wisma apung aja udah keren banget karangnya kq.

About these ads

196 thoughts on “Backpacking ke Pulau Karimun Jawa”

    1. bagus banget fotonya, jadi pengen ke karimunjawa..
      tapi sy kerja dan jarang ada hari libur..
      bisa ga ya karimunjawa dikunjungi dlm 1 hari.
      posisi sy di semarang..
      bisa minta info nya?ato yg bisa dihubungi?
      trims yaa..

    1. kl saya kemaren total biaya 400 ribu *All in. kl mo naek kapal cepat ke Karimun pastinya ratenya lebih.

      btw liat poto2nya d mana kie? lah wong gallerynya belum di buat n potonya blm d upload. hehehehe *liat d FB ya? hehe ^^

  1. Kalo dari Jogya-Semarang-Karimun-Jogya lagi 400rb-an, cukup murah ya, oya brapa hari perjalanan?
    Dari buku Fighi or Syari’ah kita bisa baca atau pahami bahwa surga ada di telapak kaki ibu….
    di tulisan Ivan, juga bisa nemu “surga ada di bawah/dasar laut Karimun”..:D

    1. sejujurnya itu biaya start dari Semarang. kl dari Jogja bagaimana kl d bulatkan menjadi 500 rb. hehe. yuppy…. secuil surga di Pulau karimun ^^

  2. Woww beneran, itu hiunya kliatan,jinak ya? penyunya juga gede bgt!. Kalo terang ampe kedasarnya gini sih gw jg berani nyebur hehe…Giliran dasar laut/air/kolam biru ato item gak keruan, nyebur kedalamnya serasa bunuh diri gw… hiiiiii…

    1. yup, 80 % masih asli bun, kl yang di Sul Teng kl g salah namanya Wakatobi salah satu taman nasional juga. trumbu karang di sana coral2na emang lebih bagus. pokoke ku Cinta Indonesia dah. hehehe ^_^

    1. yup, itu terhitung dari Kota Semarang, karena saya dari Jogja..maka saya bulatkan jadi 500 deh ma jajan2nya. ^_^

  3. Waaawwww… Pengen banget bisa kesana… Jadi kayak anak TK yang pengen banget berwisata… Mauuuu..Mauuu…Maaauuu…

    1. hayuk3…hehe. iya anak2, semua berbaris yang rapi ya, sebelum kita ke Karimun, semua harus periksa kuku dulu. wkwkwkw ^_^

  4. weleh…ngiler tenan..
    berapa hari n hari apa tuh? soalnya kan mesti ngepasin sm skedul kapal nya to..

    kemaren kita 2 hari. kl kapal fery 2 kali dalam seminggu. n ada juga kapal cepat.

  5. halo,kalo peralatan snorkelingnya ada tempat penyewaan ato pribadi yah?
    ada rencana ke karimunjawa nih..hehe

    Halo… peralatan snorkelingnya ada t4 penyewaan, kl g salah 25 rb. selamat berlibur ke pulau yang indah

  6. wah keren bgt neh…
    dibanding Lombok lebih ok mana? pulau karimun or lombok? :D
    btw, foto2 nya bagus bgt neh..

    wah, kl di banding Lombok sepertnya masih bagusan Karimun Jawa deh *soalnya sy belum pernah ke lombok. hehehehe. terimakasih sudah mampir

  7. Hmmm….waktu ke sana sama travel agents gak?
    waaaa….jd pengen ke sana neh…
    Klo pake Travel Agents, mau donk info travel agents nya…. hehe..
    Thx yaaa…….

    wah kita g pake travel agent tuh. di tulisan saya tulis no tlp P Ipong t4 kami menginap. kl anda menelpon beliau, anda bisa menanyakan tentang segala macam dan akomodasi. terimakasih

  8. Nice writing.. very informative..
    thanks a lot, bro!

    Kami jg mo backpackingan dari jogja ke sana weekend dpn.
    Doakan kami.. :)

    senang bisa berbagi informasi. salam backpacker. hehe. cayyoo!!!

  9. tiket kapal dari jepara ke karimun cuma 31 rb?kok murah banget yah?kapal apa namanya mas?ada tiap hari apa aja?kapalnya resmi khan?thanks bgt.

    iya murah. kan kelas ekomomi. kapalnya sy lupa yang pasti kapal fery dan itu cuma satu2nya. berngkatnya 2 kali dalam satu minggu. hari selalsa dan jumat. jelas kapal resmi dunk. dan rlat. biaya hanya 28.500 dengan pembagian.. 26.500 jasa angkutan dan 2rb jasa asuransi. terimakasih

  10. ediaaannn..!! gw pingin pisan… Tapi, anak2 malah pada pergi habis lebaran. Haduh

    moga bis lebaran cuaca masih mendukung. selamat berpetualang ^^

  11. great writting mas..i like it :)
    insya Allah bulan depan juga saya mau ke karimunjawa…backpackeran abis lebaran emang bukan waktu yg bijak sih..tapiii ga ada waktu lagi euy hehehehe

    thnks… abis lebaran? hmm.. kl blm musim ujan, masih pas tuh timingnya bro. tp d asyikin aja bozz! hehe

  12. kira2 500rbu cukup g ke karimun jawa tanpa sewa hotel..saya sama teman2 mau kesana nich..tpi pngennya bwa tenda sendiri…berdua biaya berapa ya…??
    dari jepara ke karimun..biaya wisatanya berapa…??

    cukup banget.. apalagi g nyewa t4 tinggal. sekarang tergantung anda berangkat dari mana? hehehe. dari jepara k Karimun sudah saya tulis d atas. silahkan d baca. terimakasih

  13. Mas saya rencana mau ke karimun jawa ada yang mau ditanyakan, 1. ada kapal yang lebih kecil ukurannya untuk di sewa disana? kapasitas 5 orang.
    2. kalo tempat penyewaan alat snorkling atau diving di sana ada ngga yah dan kira-kira harganya berapa mas?

    terima kasih yah…

    syaa coba jawab mas
    1. sepengetahuan saya sepertinya ada, tp saya g tau berapa tarifnya. biasanya kl g musim liburan harganya murah. kl ada kapal gede kapasitasnya juga kita bisa nebeng kok. tinggal d nego aja.
    2. d setiap tempat ada t4 nyewa alat senorkeling n diving, tinggal tanya aja. kl alat snorkeling kemaren saya nyewa 30-35 ribu perhari. kl untuk alat diving saya g tau. coba d tanyakan aja ma bapak yang nomer tlp nya saya tuliskan d atas. dia akan senang membantu mas

    saya harap informasinya sedikit membantu.
    Terimakasih

  14. tulisan yang menarik, membuat saya dapat membayangkan indahnya karimun jawa dan membuat saya tertarik untuk mengunjunginya. terima kasih juga untuk info situs travelersfortravelersnya, sangat berguna bagi saya yg baru mau memulai petualangan :-)

    senang bisa berbagi. selamat memulai petualangan dan mengambil banyak pelajaran dari petualangan anda :-)

  15. kalo nggak ada halangan tanggal 26 besok kesana.. udah nggak sabar pengen ke karimun jawa..

    yup2. moga semuanya lancar… happy travelling

  16. Satu tempat yang menjadi impian saya. Sudah direncanakan 2 tahun lalu – belum juga kesampaian. Jadi tambah kepingin

    moga impiannya menjadi kenyataan dan dapat menikmati indahnya pulau Karimun

  17. Wah…. Mupeng bgd deh Mas….

    jadi gak sabar nunggu liburan semester ni,, rencananya mau kKarimun Jawa!!!
    Kalo biaya perjalanan dari Jkt kira-kira brpa Mas???
    Plannya c Kita mau jalan kSemarang dulu,, bis tu kasih tau y destination selanjutnya kemana aj???

    trus kalo mau diving mahal gak???
    pengen bgd deh!!!

    sip saya menyarankan k sana. moga liburan semester nanti tidak musim hujan. kl dari Jakarta ke Semarang naek kereta ekonomi aj murah. kl diving saya kurang tau biayanya, tp kl mo snorkling biayanya 35rb per hari. moga semester depan bisa k sana. cayyo :)

  18. mas ivan, boleh tanya? punya nomer kontaknya pak hakim? apakah dia yang punya kapal motor u/ keliling2 pulau itu?

    rencananya ibu2 mo ke karimunjawa niy, heheheh…

    thanks ya,
    =listi=

    no kontak P Hakim sudah saya sertakan dalam tulisan. dia punya link t4 penyewaan perahu motor. lebih bagus kl berangkatnya rombongan *jadi murah. hehe.
    wah..ibu2 mo ke Karimun? sekalian arisan aj. hohoo
    regard

  19. ia mas IVan…. saya tertarik ni ke Pulau Karimun Jawa.. jadi total semuanya kira-kira butuh berapa mas untuk ke sono nya? kalau berangkat dari Jogja? biaya kapal motornya bisa untuk kurang dari 10 orang mas?? karena yah mahal mas kaloo 900 ribu akan tetapi yang naik hanya dibawah 10 orang? adakah solusi? nomor hp mas HAKIM ada mas IVAN..???

    -saya tertarik bg ni mas-

    kl dari dari Jogja kemaren saya hampir abis 500rb, tp sebenarna biaya masih bisa d tekan kok mas. dan kl bukan musim liburan,harga masih bisa d nego kok. g nyampe 900rb kok *cuman nakut2in doang tulisannya. hehehe. nomer mas Hakim sudah saya sertakan dalam tulisan. Terimakasih

  20. Thanks Mas buat balesan comment na!!!
    Bdw,, boleh minta alamat e-mail tw CP na mas gk???
    buat nanya” aj g2!!

    coz qu blom pernah kesana nih!!
    hehehehe….
    pengalaman baru sx ni!!

  21. Mas ivan, nau nanya donk… Klo misal kita mau naik mobil / motor kesana bsa ga? Apakah kendaraannya bsa naik fery / tidak? Txs.

    kl naek ferry bisa Mas Mario. motor dan mobil…? angkutt. hehee. thnks

  22. mas, kalo dari semarang ada kapal lain gag selain kapal cepat?
    kaya fery gtu, trus kira2 tau berapa harganya?? hehehe thx

    kl dari Semarang, yang ada cuman kapal cepat tuh mas, kl kapal ferry cuma ad d Jepara. harga ferry kelas ekonomi 28.500. thnks

  23. minta no telp nya dung..
    aq rencana akhir bulan des mo kesana..
    buat minta info2.
    hehehehehhehehe
    like this
    like karimun java……
    share dung ke fb q bee indry
    thanks ya

    silahkan add fb saya di ivanbatara@gmail.com
    moga cuaca baik saat anda akan berangkat. happy travelling

  24. mas, klo dr sby kra2 biayanya brp??

    wah tergantung mas ryan ni mau ke Karimunnya dengan style travelling sep apa? kl backpackingan dari Surabaya mngkin jg habis sekitar 500an lah or bahkan bisa lebih murah *tp selalu sedia dana cadangan ya

  25. perkenalkan nama sy Rudi..sy berdomisili di kota bandung..kebetulan hoby sy traveling.tp blom sampai ke p karimum jawa.klo diliat dr foto2 yg ada sangat luar biasa view nya.mngkin tgl 27 nov 2009 ada renc traveling ke p.karimun jawa.
    saya mhn infonya apa saja syarat yg hrs di penuhi untk bs gabung di komunitas TRAVELERSFORTTRAVELERS.atas perhatian nya sy ucapkan trimaksh.

    kl mo gabung jadi TFT member silahkan langsung masuk aja ke sitenya di http://www.travelersfortravelers.com/ trus registrasi log in deh. selamat bergabung. thnks.
    btw, ini musim hujan… ap sebaiknya travellingnya d pending dulu?
    salam

  26. mupeng bacanya… Haiiia :D

    Itu motretnya pake underwater camera ya ? klo ksn g motret underwater sayang jg c ya, bole tw kameranya pke merk ap ya ?

    tp sayang, wkt itu saya g jd ikt Karimun Jawa Part II dr TFTnya… :(
    *anggota TFT baru yg g jd ikut krn sesuatu dan lain hal tp membawa berkah smp sekarang….
    Thx Karimun Jawa, Thx TFT, thx jogja… ♥

  27. wah saya sangat kagum sama cerita ke karimun jawanya….
    kebetulan saya sedang kuliah di jogja….
    saya juga suka sama travelling, namun belum pernah travelling bersama komunitas seperti ini…
    kalo di jogja sendiri ada komunitasnya tidak?
    thx…

    1. kl di Jogja g ada tuh *red. saya belum tau pasti juga.
      tapi banyak kok komunitas traveller. klo yang saya ikuti ini adalah komunitas global. kl mo gabung, silahkan dan diasyikin aja. bisa nambah banyak temen dan nambah ilmu juga.
      Happy travelling ^^

  28. terima kasih banyak atas infonya. . .
    very appreciate it. . .
    sering Liat di Tv, , ,tapi masih Lum yakin mw berangkat kesana. . .
    saya cinta Laut, ,saya akan kesana. . .

  29. Mas, rencana aku mo ke karimun nih abis lebaran, sekitar tgl18. tapi cuman 3 orang nih. mo nanya, klo nginep di homestay dibandingin nginep di hotel murah mana nih? n ada saran ngga tempat2 disana yang bagus buat dikunjungin, tapi harga miring.. maklum budget kita mepet. kita start dari jogja juga tapi naik motor.

  30. Whew..
    beneran jadi berangkat deh ni aku..
    ayo, ayo siapa mau gabung?
    sekalian aku cari yang udah sering backpacking..kalo ada yang udah pernah ke karimun, mau ke karimun lagi juga boleh banget..sekalian jadi tour guide..
    hahahah…^^,

    btw, kalo ke karimun enaknya bulan2 apa ya?
    takutnya air pasang..>.<

  31. interesting…
    pengen kesana klo udah dapat cuti…
    kebetulan aku pengen tau semua daerah2 di jawa n indonesia sekalian…
    good good..

  32. mas ivan, untuk kapal ferry kan berangkatnya seminggu 2 kali. itu di hari apa aja yaa?? trus waktu mas kesana total berapa hari?? thx (:

  33. hmmm what an experience, pstnya fun bgt bs berknjg k karimun jawa, o ya mw nanya donk untuk kapal ferrynya itu kan hanya 2x seminggu schedulenya setiap hari apa aja y? jd excited niy bkn rncna k pulau karimun jawa, what a very2 lovely island…

  34. mas mau tanya, ada tempat untuk tenda ga?trus ada sewa lahanya ga?
    untuk masalah makan gimana?
    terimakasih,maaf merepotkan…

  35. pengeeen bangett ke karimun jawa..
    keren banget mas ivan foto2nya apalagi pas lagi sunset..subhanallah ;)

    emang klo mau jelajahin semua pulaunya harus berapa hari yah disana??

  36. mas..
    ane mw nanya…
    kalau berangkat dari jogja naek appah…???
    kasi tw rute perjalanannya donk..
    masih ngambang nie soalnya….
    beneran cukup kn 500ribu ??

    1. ke Jogja ane kemaren Joglosemar bro, rute perjalanan kan udah ane tulis bro. 500 rb itu tahun 2009 lho..hehe *coba baca comment2 ane sebelumnya

  37. jadi makin yakin mau kesana dibulan april.
    mas aku coba hub no hpnya pak ipong kok ga aktif ya. karna aku mau booking tempat
    thank mas atas info nya.

  38. wah jadi kepingin backpackeran ke karimun jawa.. sy dan teman2 sudah berencana mau mengunjungi karimun jawa tapi g pk biro.. kami ud berencana mau “nggelandang di sana” hidup bersama alam. kira2 dengan uang 100rb cukup g utk transport pp?
    posisi dr semarang

    1. Weits… Bisa banget dunk. Alternatif kalo mo ngegembel.. Ke karimun dari jepara numpang kapal nelayan aja yang menuju karimun. Tarifnya malah bisa lebih murah daripada naik fery. Dan pastinya sensasinya lebih kerasa. Dan sampai d karimun, silahkan ngegembel. Coba baca kolom comment dari seorang teman yang namanya viva arda atau gustaf. Di situ dia ngasih link petualangan gilanya ke karimun jawa.

      1. thx bro.. rencana sy n tmn ( total: 5 org ) akan berangkat Hari Selasa tgl 17 Mei 2011. Hari ini dipilih karena hari senin kami (InsyaAllah) mendapat pengumuman kelulusan SMA. Amiiin… hhehe :)

        Setelah negosiasi brg tmn, kami sepakat bw uang 150 aja dengan rencana hidup 4-6 hari.

        Doakan kami..

  39. oh…tuhannnnnnnnnnnnn…..
    tak terpikirkan trnyata masih ada tempat bagus di jawa..
    kenapa saya harus berpikir bali lah..lombok…thailand…hawai…dan tempat2 jauh lainnya..padahal di jawa aja ada yang bagus…saya bodoh…
    aku pengeeeeen….
    tapi bingung caranya…..
    sungguh pengalaman yang sangat mengesankan dan tak akan pernah terlupakan bila saya mengunjunginya

  40. Dear Ivan,
    Anne nih(temen smp) :)))
    apa kabar?
    Planning ke Karimun nih.. lagi nyari2 info, eh… ketemu loe, sang back packer. :))
    Infomu sangat membantu.

  41. Salam hangat bro,..
    Gw terkesan cerita loe,..ditulis rapi n jls bkn nymn yg bca…daftar aj jd jurnalistik, kyag a ok deh bro…

    Btw, oya gw mo tnya…???
    gw mau hnymoon nieh, tp g pke jasa tour n travel takut nanti jd g romantis n g bebas, kira2 loe ada info g,, mengenai tempat booking penginapan yg bsa antar jmput penginapan – dermaga, sewa motor, peta perjalanan n wisata di karimunjawa… gw toenggu info loe ya… arya_8629@yahoo.co.id
    Thank’s BnGt gays….

  42. Salam hangat bro,..
    Gw terkesan cerita loe,..ditulis rapi n jls bkn nymn yg bca…daftar aj jd jurnalistik, kyag a ok deh bro…

    Btw, oya gw mo tnya…???
    gw mau hnymoon nieh, tp g pke jasa tour n travel takut nanti jd g romantis n g bebas, kira2 loe ada info g,, mengenai tempat booking penginapan yg bsa antar jmput dermaga – penginapan , sewa motor, peta perjalanan n wisata di karimunjawa… gw toenggu info loe ya… arya_8629@yahoo.co.id
    Thank’s BnGt gays….

    1. coba hubungi no berikut.
      Pak ipong : 08122827007 / 085866317007
      beliau warga KJ dan juga pemilik hotel di sana. segala informasi ada di genggaman beliau. hehe
      moga bermanfaat bro..

  43. mendingan ikut tour apa mandiri yah, untuk kesananya? dan bagaimana caranyauntuk ikut dalam komunitas Travelers For Traveler

    1. tergantung selera sih… kalau ingin yang lebih menantang ya tour mandiri. hehe. cara gabung TFT klick aja link yang sudah saya sertakan dalam tulisan. makasih ^^

  44. mas, aku ingin pergi dengan anak dan ponakan nanti tanggal 15 Juli 2011 sesudah ujian semester selesai.
    dari Yogya juga sih, kapan mau pergi kekarimun lagi biar sama2 karena aku tak tahu jalan. kalau ber 4 habis berapa ya?.

    1. ada yang bisa saya bantu mba Niken? kebetulan saya domisili Jogja juga. kali aja pengen ngajak saya sebagai guide? hihihi

  45. kira2 butuh waktu berapa hari yg pas untuk explore karimun jawa dengan kondisi pekerja dan gak bisa cuti lama2,hehehe?

  46. waahh..kereenn..

    thanks bgt, sdg cari2 referensi buat ksana niyh..

    saya jg pngin back pack kesana… transportnya utk ke tempat2 wisatanya naik apa? disana bs sewa sepeda ato motor gitu?

  47. makasi infonya gw rencana minggu dpn mau k sana ni tp kyknya harganya uda pada naek kali ya.. waktu itu mas d sana brarti tanpa ikutan tour ya explore sendiri?

  48. wah, saya jg pengen k sana neh.
    oh iya, recomended place bagi yang suka snorkling dan diving, coba k Pulau Alor d NTT. saya baru saja dari sana dan bagusnya kebangetan bawah lautnya. hehehhe

    1. perkiraan perhitungan
      jepara-karimun : 5 jam. berangkat jam 9 tiba jam 4 sore. explore kj esok hari seharian. besok hari br pulang naik fery

  49. Dear Mas Ivan… salam kenal…

    Mau minta informasi nich… untuk akomodasi dan transporati ala backpacker agar sampai ke Karimun Jawa dari Jakarta kalau dengan kendaraan pribadi kira-kira berapa lama ya perjalanannya kalau saya bawa orang tua comfortable tidak jaraknya ? terima kasih lo Mas…

    untuk tempat-tempat yang beautiful lain di attached lagi ya pengalamannya biar kita sebelum berangkat sudah mendapatkan rekomendasi yang complete.

  50. Mas Ivan, stumble upon your blog, terimakasih ya infonya.. Berguna sekali.. :) Diminta tante untuk dampingin sepupu yang masih SMA dan SMP utk jalan2 ahir tahun, mereka mau ke Bali dan aku setir ke Karimun Jawa atau Derawan (hehehe..pinter ya aku.. :p) dan mereka mau.. Tinggal urus2 dengan Pak Iponk deh.. :) Terimakasih infonya ya mas.. :)

    -Bulan-

      1. Was thinking, apa hubungannya sama punya SIM? Oh ternyataaaa soal ‘setir’. Hahaha.. Mas Ivan masih di Lombok kah mas? Ke Gili Meno kah? Aku ksana setahun lalu, indah mas.. :) Kl mas Ivan lagi ga sibuk, monggo mampir ke blog aku http://www.rembulanindira.blogspot.com dan di archive ‘Jalan-jalan’ ada cerita tentang Meno.. :)

        Kalau mas Ivan ke Meno, salam utk ibu dan bapak pemilik penginapan Kontiki ya.. :)

      2. Hi Miss Bulan… Saya sudah pulang dr Lombok. Dan ke Meno dan Air. kebetulan juga saya nginap di Kontiki. ibu endut yg punya penginapan ternyata orang jawa. langsung dah bargain harga pake bahasa jawa biar dpt murah.hehhe… Lombok indah. apalagi bawah lautnya…

      1. Hahaha…. Dan apa maksud ‘sesarkem yang anda bayangkan’ coba? :p Never been there si mas.. Uda ngajak sepupu utk anter ksana setiap kali pulang kampung tp mrk sll ngakak dan menolak. Entah kenapa. Hehe.

  51. Koq website travelers for travelers lg gk bs sign up anggota baru ya??? Aku mau gabung dunks… Tolong bantu info akan ada back pack kemana lg? Terima kasih banyak…

  52. mas Ivan, kl kesana bawa anak batita nyaman ga ya?, dari makanan sampai fasilitas umum (toilet/air) apakah cukup higienis ?
    kalau 3 hari, ngikut jadwal kapal brarti brangkat jumat, pulang minggu , betul?

    tks,

  53. selaen keyen pinter nulis jg y… hehe, nice article, laik dis lah!!! :p
    karimun jawa…smpai ktmu bln juni!!! :)
    #mas ivan, ikutan gabung nyoook :)

  54. Wihh, bagus banget ! <3
    Numpang nanya :D kalo k pulau karimun it bisanya selain dr semarang drmn lg yah?
    Surabaya?
    Sebelumnya, kenalkan, saya dr kota Medan, Sumatera Utara. :)

    1. Selain dari Semarang dari Jepara mb. Emang asik banget tempatnya mb. Kalo dari Semarang naik kapal cepat tp kl dr Jepara naik kapal ferry. Ayo ke Karimun Jawa. ^^

  55. dari dulu pengen bgt nyasar di karimun jawa :D nice info mas..bisa buat nambah2 referensi buat liburan ke karimun jawa ^^

  56. hotel duta karimun tahun 2009 : Rp. 75.000/Night/Person..

    Sekarang : Tadi saya baru cek harga Rp. 250.000/malam :( muahaaall..Malah saya konfirmasi katanya gak pernah buka harga sebesar Rp. 75.000. Masa sih? Bener gak mas.

    Hehe..

    Oh ya, kalo tempat selain karimun (menjangan kecil, besar, dll) itu ada homestay/ hotel juga ga? atau cuma di karimun aja ya?

    Nah, satu lagi mas, di sana banyak yang build a camp gak ya? kalo ada di pulau apa..heheheh..

    Thx..
    Sorry kebanyakan Hahahha!

    1. Kl dl rombongan sih, jd jatuhnya lebih murah.

      Selain di Karimun di Pulau Menjangan besar jg ada hotel.

      Kl mau survival, bisa banget bro..hehe

      1. Wah..lebih seru survival kayaknya..selain hemat..sensasinya gimana gitu mas..Hahahha! Salam kenal!

  57. gmn kamarnya mas? saya mau bawa anak kecil nih.kalau ga nyaman n adem pasti rewel..kamar mandi dalam kan?

    trus itu AC nya bisa 24 jam ya? saya denger katanya di sana mati listrik kalau siang, jadi AC cuma bisa malam doang, bener ga?

    1. sewa kapal buat keliling pulau cuma 350.000 +guide 100.000 kq. nggk sampai 900.000.
      klu kalian ksana bareng teman2 kan bisa patungan. kemarin aku baru aja ksana 17 september 2012

  58. mas mau tanya…klu di sana ada atm gak?trus klu nginep dihotel yg mas bilang itu 1kamar buat berapa orang?n sinyal hp disana bgus gak?mksh..
    ada yg mau ikut?insyaalah bulan ini or bulan dpn mau backpekeran ke sana.

  59. kemarin aku baru aja pulang dr karimun..info ter up to date , kita mulai dr pelabuhan keberangkatan aja ya….
    sekarang dah ada kapal ferry cepat bahari express…tiket excecutive rp 84.000
    jadwal keberangkatan
    senen jepara karimun/10.30-karimun jepara 13.00 (pp)
    selasa jepara karimun 10.30
    rabu karimun jepara 10.30
    kamis off
    jum,at sabtu minggu ada pelayaran juga..
    aku sarankan utk hari pertama nginep d wisma apung…selain penginapannya unik beradai d tengah laut, kalian bisa berenang dg ikan hiu.
    sewa kamar 150 rb pakai kipas, 300.000 pakai AC.
    listrik d karimun klu siang emg mati…klu mo tour daat anda bisa sewa sepeda motor 75.000. tour laut sewa kapal 350.000 + guide 100.000. , jd lebih enak k karimun bareng banyak teman, sewa kapalnya bisa patungan… hehhehe
    tour laut kalian bisa mengelilingi pulau2 yg tak berpenghuni..dan bisa diving ato snorkelling.
    tp nggk usah jauh2 klu mau snorkling.. di dekat wisma apung aja udah keren banget karangnya kq.

  60. aHi guys,

    Ada info terupdate buat keberangkatan tanggal 27 Juni sampai 30 gak?

    Baru 2 orang nih, pengen backpack ke karimun. atau kalau group yang udah planning kesana, boleh gabung gak? :)

    1. saya g punya info…tp saya punya kontak pengelola hotel d sana. silahkan di baca tulisan dan comment saya. terimakasih

  61. mau nanya mas,untuk posisi “Marina” itu sendiri jauh gak dari homestay? butuh waktu brp menit?
    sama ada saran homestay yg bagus dari segi lokasi (strategis),fasilitas, dan harga tentunya? terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s